London (ANTARA News) - Tampil dalam 99 laga dengan mengemas 88 gol, striker FC Barcelona Lionel Messi mengukuhkan diri sebagai genius bahkan menyandang predikat sebagai "Maradona Baru". Dia Messidona.

Pemain berusia 24 tahun asal Argentina itu ciamik menyelesaikan umpan untuk menjebol gawang lawan dan mempunyai segudang kreativitas di lapangan. Messi memberi batasan genius sebagai sosok yang mampu memberi hasil dan membuka peluang kerjasama tim.

Kreativitas bukan sekedar goresan di atas kertas, melainkan dinamika kerja yang mampu melumasi kerjasama antar lini pekerjaan. Bukankah gol tercipta berkat perpaduan kerja di segala lini? Dan Messi tampil sebagai lumbung gol bagi timnya.   

Tidak percuma bila ia dibaptis sebagai titisan dari legenda sepakbola Argentina Diego Maradona, sebagaimana dikutip dari laman FourFour Two. Messi terlahir dan besar dengan talenta komplet. Ini dicatat rapih di benak publik.

Publik mencatat bahwa Messi ketika berusia 14 tahun telah memberi bintang kegembiraan bagi tim muda Barcelona. Sukacita bukan barang langka di laga bola. Jadilah sosok genius dengan kaya akan sukacita.

Punya tinggi badan lima feet  empat inchi, Messi tidak merasa kecil hati. Dalam usia 14 tahun, penampilan fisiknya tergolong kecil. Kakinya tidak dapat menjangkau lantai ketika ia duduk di bangku. Lantas ia berjuluk "Si Kutu". Berbesar hati meski ada keterbatasan fisik. Genius menerima kenyataan diri.

Messi berlari cepat bersama Barcelona dengan disemangati kata progresivitas. Ia melakoni debut pada usia 16 tahun ketika Barca menghadapi Juventus dalam laga persahabatan. Setelah menyaksikan aksi lapangan Messi, seorang Fabio Capello berdecak dan berujar, "telah lahir seorang setan kecil" yang siap meneror tim lawan tanding.

Statistik tidak berbohong, inilah maklumat Messi. Ia teruji sebagai sebagai pencetak gol dan terulung sebagai pengumpan bola bagi sesama rekan tim. Bahkan ia berjuluk spesialis tendangan bebas. Lawan kerap dibuat was-was. "Apakah dia akan mencetak gol lagi," begitu kata hati setiap seteru Messi.

Tampil sebagai pribadi pemalu, Messi lebih memilih memasak makanan di rumah dan bermain game komputer ketimbang bepergian ke kelab malam. Ketrampilan, keteguhan dan ketetapan hati Messi sampai-sampai membuat bangga legenda sepakbola Belanda Johan Cruyff.

Bermain sebagai gelandang menyerang, tidak jarang berperan sebagai pemain sayap bahkan penyerang tengah, Messi mendefinisikan "statistik" sebagai bergerak cepat dan berpenampilan tenang demi buah-buah gol kehidupan.

Messi, statistik hidup bagi Barcelona.
(A024)

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011