Padang (ANTARA News)- Lembaga amil zakat Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Padang, Sumatera Barat menggulirkan enam program pada Ramadhan 1432 Hijriyah guna mengoptimalkan penyaluran zakat.

"Enam program tersebut dirancang untuk lebih memberdayakan penerima zakat agar mereka bisa mendapatkan manfaat lebih dari zakat yang diterima serta lebih tepat sasaran kepada yang membutuhkan," kata Kepala Bidang Pendayagunaan PKPU Padang, Gufron di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan enam program tersebut yaitu penyaluran zakat, infak dan sedekah, Belanja Bareng Yatim, Sebar Quran Nusantara, Benah Mushala, Paket Ifthar (buka puasa), Paket Ramadhan dan Paket Penyaluran Fidyah.

Untuk program penyaluran zakat, infak dan sedekah, PKPU tidak hanya sebatas melakukan penyaluran, namun secara berkelanjutan dilaksanakan dalam bentuk program-program yang produktif bagi penerima zakat.

Ia menyebutkan pada Ramadhan 1431 Hijriyah PKPU secara nasional telah menyalurkan dana zakat, infak dan sedekah senilai Rp20 miliar kepada 145.237 penerima.

Kemudian, program belanja bareng yatim ditujukan kepada anak yatim tingkat SD dan SMP dengan memberikan voucher belanja untuk ditukarkan dengan barang kebutuhan lebaran.

Ditargetkan program ini akan disalurkan kepada 200 anak yatim dengan nilai voucher belanja sebesar Rp250.000.

Berikutnya, program sebar Quran Nusantara dilakukan dengan mendistribusikan Al Quran kepada masjid dan mushala yang membutuhkan khususnya didaerah pinggiran kota Padang.

PKPU juga melaksanakan program benah mushala untuk melengkapi fasilitas mushala dengan menambah prasarana yang belum dimiliki.

Selanjutnya, PKPU juga melaksanakan program paket ifthar (buka bersama ) sebanyak 5.000 paket ditujukan kepada anak yatim , dhuafa dan jamaah masjid.

Menjelang pelaksanaan Idul Fitri juga akan digulirkan program paket ramadhan dengan memberikan bingkisan lebaran terdiri dari gula, sirup, kue kering, beras dan lainnya kepada 1.000 kaum dhuafa.

PKPU juga menyalurkan fidyah dari kaum muslimin yang tidak melaksanakan puasa dengan pemberian makanan.

Gufron menambahkan pada Ramadhan 1432 Hijriyah PKPU Padang menargetkan menghimpun dana dari masyarakat sebesar Rp.5 miliar.

Copyright © ANTARA 2011