Ban-ban dibakar di jembatan yang menghubungkan dua kecamatan itu sampai membakar jembatan...
Sumbawa Barat, NTB (ANTARA News) - Kepolisian Resort Sumbawa Barat, NTB, telah menerjunkan sedikitnya 250 pasukan Brimob dan perintis guna mengatasi kerusuhan akibat demonstrasi ratusan orang, di lokasi tambang PT Newmont NTB (PT NNT) Maluk, Sumbawa Barat, Rabu. 

Massa warga setempat yang berdemonstrasi itu memprotes pengumuman hasil seleksi calon pegawai perusahaan pertambangan PMA itu yang dianggap tidak jujur.

Humas Polres Sumbawa Barat, AKP Bambang Triono, di Taliwang, Rabu, mengatakan, pihaknya berhasil mengendalikan massa, namun masih perlu melakukan penjagaan ketat di akses utama menunju kawasan tambang PT NNT.

"Ratusan personil Brimob Polda NTB, kompi Brimob Polres Sumbawa dan dari Jakarta. Kami masih konsentrasi melakukan pengamanan, sejauh ini belum ada tersangka pelaku yang diamankan karena demonstrasi masih berlangsung," katanya

Bentrokan berawal saat massa membakar ban bekas dan memblokir jalan yang merupakan akses utama menuju Kecamatan Maluk dan Kecamatan Sekongkang.

Ban-ban dibakar di jembatan yang menghubungkan dua kecamatan itu sampai membakar jembatan. Transportasi dari dan menuju kedua kecamatan itu putus.

"Kami berusaha mencegah dan mengendalikan para pengunjuk rasa, namun kelompok massa lain melampiaskan kemarahan mereka ke sejumlah fasilitas pemerintah.  Kantor Camat Jereweh, Maluk, dan Sekongkang rusak parah," katanya.

Demikian juga meja dan kursi di dalam kantor juga dirusak, sementara kaca kantor desa di tiga kecamatan itu juga dirusak massa.

Belum ada pelaku yang diamankan terkait kerusuhan tersebut. Ratusan personil disiagakan untuk mengamankan jalan akses utama kawasan tambang dan melakukan penyisiran jalan-jalan di kota dua Kecamatan tersebut.

"Memang masih ada konsentrasi massa, namun hanya berkumpul dalam kelampok-kelompok kecil. Namun kami akan tetap memperkatat pengamanan," katanya.

Bambang membantah bahwa karyawan PT NNT dan subkontraktor termasuk karyawan bank pemerintah, yaitu Bank BNI 46 Cabang Pembantu Newmont, terisolasi akibat demonstrasi itu. Pengamanan itu tidak sampai menganggu aktivitas karyawan.

Walau terisolasi, namun aktivitas bank itu masih terlaksana. Hanya memang pemeriksaan terhadap mereka diperketat (ANT231)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011