Medan (ANTARA News) - Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumatera Utara Asren Nasution menilai peran Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA sebagai penyedia informasi tetap penting di tengah perkembangan industri media massa yang kian pesat dewasa ini.

"Peranan Kantor Berita ANTARA sebagai penyedia informasi tetap penting," katanya saat melakukan audiensi kepada Kepala Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Sumatera Utara (Sumut) Simon Pramono di Medan, Rabu.

Asren yang baru sekitar dua minggu dilantik menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Sumut mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan kerja sama dengan ANTARA.

Komitmen untuk mengembangkan kerja sama tersebut berkaitan erat dengan peranan dan kinerja Kantor Berita ANTARA selama ini dalam menyebarluaskan beragam berita dan foto tentang perkembangan pembangunan dan sejumlah potensi yang dimiliki provinsi berpenduduk sekitar 12,8 juta jiwa itu.

"Melihat pentingnya peran ANTARA selama ini, tidak ada alasan bagi kami untuk tidak bermitra dengan ANTARA," ucap mantan Kepala Penerangan Kodam I Bukit Barisan itu.

Dia juga menyampaikan apresiasi atas prakarsa Perum LKBN ANTARA Biro Sumut menyelenggarkan pelatihan intensif kehumasan dan jurnalistik bagi segenap pegawai di bidang hubungan masyarakat.

Terkait dengan program pelatihan tersebut, kata Asren, pihaknya selaku pimpinan Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Provinsi Sumut siap bekerja sama dengan Perum LKBN ANTARA untuk menggelar kegiatan pelatihan kehumasan bagi kalangan pegawai instansi pemerintah, TNI/Polri, BUMN dan BUMD.

Selain dengan Perum LKBN ANTARA, kata Asren, pihaknya juga merasa perlu senantiasa membangun kemitraan dengan segenap media massa lain di Sumut, baik cetak maupun elektronik.

Pada kesempatan menerima audiensi Kadis Kominfo Sumut, Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumut Simon Pramono menyatakan siap bekerja sama dengan instansi tersebut untuk menggelar program pelatihan jurnalistik dan kehumasan bagi segenap jajaran Bakohumas Provinsi Sumut.

"Kami senantiasa siap mendukung rencana Dinas Kominfo Sumatera Utara untuk menyelenggarakan program pelatihan jurnalistik dan kehumasan," ucap dia.

Selain di bidang pelatihan, kata Simon, pihaknya dan Dinas Kominfo Sumut selama ini telah menjalin kerja sama di bidang pemberitaan, terutama menyangkut sejumlah kegiatan dan program pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sumut.

Informasi tersebut selain disebarluaskan Perum LKBN ANTARA kepada pelanggan media massa, juga dapat diakses oleh masyarakat melalui portal berita www.antarasumut.com dan www.antaranews.com.(*)

(ANT-197/B/R014)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011