Jakarta (ANTARA) - Laga Piala Davis Grup II Indonesia vs Venezuela, yang akan digelar di Stadion Tenis Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 4-5 Maret 2022, akan menjalankan sistem gelembung atau bubble.

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti), Rildo Ananda Anwar, penerapan sistem bubble tersebut mengekor pada penyelenggaraan tes pramusim MotoGP Mandalika.

Rildo mengatakan ruang gerak para petenis akan dibatasi antara hotel dan lapangan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 di tengah meningkatnya kasus virus corona varian Omicron.

"Mereka datang langsung di-PCR, negatif dia langsung ke hotel. Di hotel ke lapangan tenis saja rutenya, dan itu terus ada tim kita yang mengawal terus supaya mereka enggak keluar," ujar Rildo kepada Antara ditemui disela Mandiri Tennis Open 2022 di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Tim Piala Davis Indonesia terancam gagal bertanding di kandang

Sebelumnya, Jakarta terancam gagal menjadi tuan rumah pertandingan tersebut dikarenakan aturan karantina untuk perjalanan dari luar negeri yang dinilai Komite Piala Davis memberatkan para petenis Venezuela.

Namun, Rildo mengatakan bahwa isu tersebut telah diselesaikan. PP Pelti telah mengantongi persetujuan Federasi Tenis Internasional (ITF) dan telah berkoordinasi dengan Komite Olimpiade Indonesia (KOI), serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Sudah siap semuanya, persiapannya juga. Dan, kalau kita tidak lakukan sistem bubble terus harus bertanding di Venezuela kasihan jauh, dan potensi untuk kita menang di sini lebih besar," kata Rildo.

Indonesia dan Venezuela bakal melakoni laga hidup-mati pada pertandingan play-off Grup Dunia II Piala Davis 2022.

Pertandingan tersebut menjadi penentu skuad Merah Putih bertahan di Grup Dunia ll atau terdegradasi ke Grup III dalam kejuaraan tenis beregu putra paling bergengsi di dunia itu.

Indonesia harus melakoni pertandingan play-off setelah kalah dari Barbados di National Tennis Centre, Saint Michael, Barbados, 17-18 September 2021 dengan skor 1-3.

Adapun pertandingan Indonesia melawan Venezuela bakal menjadi pertemuan pertama sepanjang kedua tim bersaing pada ajang Piala Davis.

Berdasarkan laman resmi Piala Davis, saat ini Indonesia menempati peringkat 65 dunia, sementara Venezuela berada di urutan 57 dunia.

Baca juga: Tim Piala Davis Indonesia mulai berlatih jelang laga lawan Venezuela

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022