Tarakan (ANTARA) - Gempa yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer dengan magnitudo 3,4 menggetarkan wilayah Bulungan, Kalimantan Utara pada hari Minggu (13/02) pukul 14:50 Wita.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan menyatakan bahwa gempa terjadi di lokasi 2.84 Lintang Utara dan 117.20 Bujur Timur, pada jarak 24 Kilometer Tenggara Bulungan.

Jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter.

Baca juga: BMKG: Gempa Bulungan tak berpotensi tsunami

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

Adapun dampak gempa bumi ini berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Bulungan dengan intensitas II-III MMI.

Baca juga: Warga Bulungan sempat berlarian keluar rumah akibat gempa

Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut.

Soal gempa bumi susulan terjadi pada pukul 15:19 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Baca juga: Gempa di Bulungan

Kendati begitu, pihaknya meminta masyarakat agar tetap tentang dan memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Kepada masyarakat di wilayah Bulungan dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Baca juga: Gempa Donggala dirasakan hingga Kaltim dan Kaltara

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022