Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Hujan lebat dengan intensitas tinggi mengakibatkan ratusan rumah warga di Kelurahan Leneng, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat tergenang banjir.

"Banjir ini akibat hujan lebat yang terjadi siang sampai menjelang malam," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah, H Ridwan Makruf di Praya, Minggu.

Baca juga: Hujan lebat, sejumlah rumah di Lombok Tengah tergenang banjir

Genangan banjir yang melanda rumah warga disepanjang bantaran sungai tersebut, akibat luapan air sungai dampak curah hujan yang tinggi.

"Air sungai meluap dan masuk ke halaman rumah warga yang ada disepanjang aliran sungai," katanya.

Baca juga: 460 rumah di Awang Lombok Tengah tergenang banjir

Atas kejadian itu, pihaknya telah menurunkan petugas untuk melakukan penanganan, supaya air yang masuk ke rumah warga cepat surut. Selain itu, BPBD juga akan memberikan bantuan makanan siap saji dan kebutuhan kedaruratan bagi warga yang terdampak.

"Kami rencanakan warga untuk mengungsi di Masjid dan Sekolah setempat," katanya.

Baca juga: Ratusan rumah di Lombok Tengah direndam banjir

Anjar Siswara salah satu warga setempat mengatakan, banjir ini akibat hujan yang cukup tinggi yang melanda wilayah Lombok Tengah, namun kondisi air saat ini mulai surut setelah hujan reda.

"Ketinggian air di rumah warga itu bervariasi, yakni setinggi lutut dan ada juga sampai satu meter yang dekat dengan sungai. Sehingga sebagian warga akan mengungsi ke masjid yang aman dari banjir," katanya.

Baca juga: ITDC pastikan Mandalika beroperasi normal pascabanjir Lombok Tengah

Dampak hujan lebat itu juga mengakibatkan akses jalan penghubung antara Dusun Duren dengan Dusun Lantan, Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah amblas.

"Jalan itu amblas akibat curah hujan yang cukup lebat," kata Kepala Desa Lantan Erwandi.

Baca juga: Banjir-lumpur terjang kawasan Mandalika Lombok Tengah

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022