Mohon masyarakat di Garut sekitarnya bersabar karena safety ini adalah nomor satu yang perlu kita perhatikan
Garut (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menurunkan tim untuk mengecek aspek keselamatan dari proyek reaktivasi jalur kereta api Stasiun Garut-Cibatu di Kabupaten Garut, Jawa Barat sebelum secara resmi dioperasikan.

"Mohon masyarakat di Garut sekitarnya bersabar karena safety ini adalah nomor satu yang perlu kita perhatikan," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kemenhub Republik Indonesia Zulfikri saat melakukan uji coba kereta api di Stasiun Garut, Jawa Barat, Minggu.

Ia menuturkan pemeriksaan untuk mengecek aspek keselamatan jalur itu sesuai amanat Undang-undang RI Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian bahwa setiap mengoperasikan jalur kereta api harus dilakukan serangkaian pengujian untuk menjamin keselamatan dari pengoperasian kereta api nanti.

Kemenhub, kata dia, sudah menurunkan tim keselamatan dan tim pengujian untuk melakukan pengujian jalur kereta, kesiapan stasiun, dan juga melakukan asesmen keselamatan, kemudian mencatat beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditindaklanjuti agar memenuhi ketentuan layak dioperasikan untuk penumpang umum.

"Itu yang sudah kita lakukan dan memang dari hasil pengujian dan juga tadi safety assessment yang dilakukan ada beberapa catatan yang tentunya hal biasa, beberapa catatan yang perlu diperbaiki, ditindaklanjuti agar memenuhi ketentuan," katanya.

Ia menyampaikan selama sebulan ke depan akan dilakukan serangkaian kereta api tanpa penumpang untuk uji coba jalur Stasiun Garut-Cibatu.

"Kita akan melakukan uji coba terbatas, tadi kita mungkin dalam seminggu ini kita lakukan uji coba dengan rangkaian kosong seperti tadi rangkaian tidak ada isinya," katanya.

Ia menyampaikan selama uji coba jalur bisa juga dilakukan selama sebulan sambil melakukan temuan-temuan di lapangan harus diperbaiki hingga akhirnya bisa diputuskan layak untuk kereta api beroperasi membawa penumpang umum.

"Setelah itu tentunya secara paralel dilakukan perbaikan-perbaikan atas hasil pengujian dan safety assessment kita, baru kira-kira mungkin dalam waktu sebulan, tergantung sama teman-teman di sana menyelesaikan ini," katanya.

Jalur kereta api Stasiun Garut-Cibatu itu sudah hampir 40 tahun tidak dioperasikan, kemudian pemerintah pusat melakukan reaktivasi jalur tersebut termasuk membangun kembali stasiun yang dilintasi.

Rencananya PT KAI akan membuka layanan kereta api komersial dengan relasi Stasiun Garut-Pasar Senen, Jakarta, dan Stasiun Garut-Purwakarta (PP).

Baca juga: Gubernur Jabar tinjau jalur KA Cibatu-Garut sebelum diresmikan
Baca juga: Jalur kereta Stasiun Garut-Cibatu diuji coba sebelum resmi beroperasi
Baca juga: KAI uji coba jalur kereta Stasiun Cibatu-Garut Kota


 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022