Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menerbitkan peta jalur mudik plus yang di dalamnya disertakan petunjuk mengenai tempat-tempat wisata menarik.

"Peta jalur mudik ini, bukan sekadar berisi tentang informasi perjalanan tetapi juga memuat paket wisata yang mungkin saja akan diminati pemudik," kata Direktur Promosi Dalam Negeri Kemenbudpar, Muhammad Faried, kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Muhammad Faried mengatakan, peta jalur mudik itu sampai saat ini masih dalam tahap finalisasi penyusunan.

Rencananya, menurut dia, peta-peta tersebut akan didistribusikan sebagian besar di ibu kota Jakarta sebagai pusat konsentrasi pemudik terbesar di Indonesia.

"Saat ini peta masih dalam proses dan distribusinya sebagian besar akan dilakukan di Jakarta," katanya.

Pendistribusian yang sebagian besar di Jakarta itu dengan mempertimbangkan prediksi Kemenbudpar bahwa tahun ini sebanyak lima juta pemudik berasal dari Jakarta.

"Dari jumlah tersebut, saya memperkirakan 15-18 persen merupakan pemudik luar Jawa," kata Faried.

Selain peta jalur mudik, katanya, pihaknya juga menyosialisasikan paket-paket wisata domestik melalui www.indonesia.travel yang merupakan salah satu portal resmi yang dikelola Kemenbudpar.

Di dalam situs tersebut salah satunya berisi tawaran paket tujuan wisata khususnya untuk berbagai destinasi luar Jawa dan Bali.

"Kami berupaya agar mobilisasi wisatawan domestik pada musim lebaran tahun ini tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa," katanya.

Karena itu, pihaknya memastikan angkutan udara dan angkutan laut pada musim lebaran tahun ini telah siap dalam upaya memobilisasi wisatawan domestik.

Untuk kepentingan itu, Kemenbudpar telah menggandeng kerja sama dengan Kementeri Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, Pelni, dan beberapa maskapai penerbangan.

(H016/A023)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011