Berlin (ANTARA News) - Borrusia Dortmund ingin membuktikan bahwa kesuksesan musim lalu bukanlah suatu keberuntungan ketika tim itu akan berjuang mempertahankan gelar Liga Jerman pada Jumat melawan Hamburg pada pertandingan pertama Bundesliga musim ini.

Dengan pasukan muda rata-rata berusia 24 tahun, Dortmund memenangi liga utama Jerman dengan terus berada di posisi pimpinan klasemen setelah 10 pertandingan dan tetap berada di posisi itu hingga akhir musim untuk memastikan keunggulan tujuh poin.

Sementara Bayern berfoya-foya dalam pasar transfer dengan menggaet pemain seperti kiper timnas Jerman Manuel Neuer dan pemain belakang Jerome Boateng yang diangkut ke Munich musim panas ini, Dortmund justru mengumpulkan para pemain muda.

Dormund memboyong pemain tengah berbakat Ivan Perisic dan Ilkay Gundogan yang direkrut dari Bruge dan Nuremberg dengan nilai transfer lima dan empat juta euro, serta seorang pemain belakang dari klub divisi tiga Chemnitzer FC Chris Loewe.

Dengan telah pulihnya pemain sayap asal Jepang Shinji Kagawa dari cedera patah kaki pada Januari, pelatih Dortmund Jurgen Klopp bisa memanggil pemain tersebut masuk skuadnya.

Begitu juga pemain tengah muda berusia 19 tahun yang sedang bersinar Mario Goetze, juga diandalkan untuk memperkuat skuad setelah dia menunjukkan penampilan yang mengesankan pada musim lalu.

Klopp pada musim lalu menerapkan strategi tersendiri dalam kombinasi di lini serang, dimana pemain sayap Kevin Grosskreutz, pemain tengah Sven Bender dan striker asal Paraguay Lucas Barrios semuanya saling bahu membahu melakukan serangan.

Namun Dortmund akan sedikit terganggu setelah pemain Dortmund yang turut memenangi liga musim lalu yaitu playmaker asal Turki Nuri Sahin, kini telah hengkang ke Real Madrid.

"Kami bukan tipikal juara, kami bertekad akan menjadi pesaing lagi," kata Klopp yang terpilih menjadi pelatih Jerman terbaik tahun ini versi majalah Kicker.

Dortmund melakukan pemanasan menjelang lawan Hamburg, dengan melibas klub ringan SV Sandhausen 3-0 pada putaran pertama pertandingan Piala Jerman, dan direktur olahraga Michael Zorc mengatakan timnya siap mempertahankan gelar mereka.

"Ini penampilan percayadiri, kami pantas melaju di kompetisi ini," katanya.

"Kami merasa telah siap untuk musim baru ini," tambahnya.

(SYS/A020/F005)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011