Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membagikan masker gratis untuk pencegahan penularan COVID-19 di 47 titik di kawasan Ibu Kota Jakarta, Senin.

Menurut keterangan tertulis di Jakarta, Senin, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto memberikan arahan untuk membagikan masker tersebut di kawasan padat penduduk dengan menyasar golongan menengah ke bawah.

"Titik beratnya adalah daerah-daerah padat penduduk, tentu saja kita menyasar ke golongan menengah ke bawah, seperti pasar, kampung-kampung, daerah-daerah kumuh di Ibu Kota ini kita berikan masker," ujar dia.

Suahryanto yang juga menjabat Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 itu, mengatakan pembagian masker guna membantu memenuhi kebutuhan masyarakat terkait dengan masker, sehingga penegakan protokol kesehatannya lebih baik lagi.

Kegiatan pembagian masker tersebut merupakan hari ketiga dari yang sebelumnya telah dilaksanakan pada Jumat (11/2) dan Sabtu (12/2).

Baca juga: PGRI imbau pemda salurkan masker gratis pelajar kurang mampu

Sesuai agenda, pembagian masker pada pagi ini dilakukan di 47 titik meliputi wilayah Gambir, Kebon Kelapa, Petojo Selatan, Petojo Utara, Bungur, Kenari, Kramat, Kwitang, Duri Kosambi, Kampung Bali, Karet Tengsin, Serdang, Sumur Batu, Utan Panjang, Ciganjur, Kramat Pela, Melawai, Petogongan, dan Pulo.

Selain itu, Tegal Parang, Cikoko, Duren Tiga, Kalibata, Pancoran, Pengadegan, Rawajati, Petukangan Utara, Ulujami, Guntur, Karet Kuningan, Karet Semanggi, Menteng Atas, Tebet Timur, Kebon Jeruk, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, Wijaya Kusuma, Glodok, Keagungan, Angke, Duri Selatan, Duri Utara, Tambora, Tanah Sereal, dan Duri Kepa.

Dalam pembagian masker itu, BNPB juga dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Satpol PP, babinsa, bhabinkamtibmas, Satgas Penanganan COVID-19, petugas kecamatan dan kelurahan setempat serta relawan lainnya.

BNPB menargetkan pendistribusian 10 juta masker selama kurun waktu empat bulan. Dari jumlah tersebut, 1,5 juta masker ditargetkan dapat terdistribusi dalam tiga hari pada 135 titik di DKI Jakarta.

Setiap titik mendapatkan bantuan 10.000 masker untuk warga di perkampungan dan ruang publik.

Baca juga: Menperin: Produksi 35 juta masker gratis dorong produktivitas IKM
Baca juga: BNPB bagikan 1,5 juta masker untuk 135 titik di Jakarta
Baca juga: Menkes: Indonesia masih perang lawan COVID-19

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022