Jakarta, 5/8 (ANTARA) - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) bekerjasama dengan Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) akan menggelar Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara 2011.

     Penyelenggaraan Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara (PPBN) 2011 ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan akan warisan budaya Indonesia khususnya di kalangan generasi muda, sekaligus sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan batik yang telah diakui dunia oleh UNESCO sebagai Intangible Heritage of Humanity pada tahun 2009 lalu.

     Menurut panitia penyelenggara , pendaftaraan calon peserta Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 22 Agustus 2011, kemudian akan dilanjutkan dengan masa karantina para peserta pada 25 hingga 27 September 2011. Sementara untuk babak final akan berlangsung di Jakarta pada 28 September 2011.

     Panitia penyelenggara mensyaratkan perserta adalah Warga Negara Indonesia berusia 18-25 tahun dan belum menikah, berpenampilan menarik, cantik, dan berkepribadian Indonesia. Selain itu memiliki pengetahuan dan berwawasan luas tentang batik, dan mampu berkomunikasi dalam bahasa asing serta memiliki ketrampilan khusus (membatik) akan memberikan nilai tambah. Bagi calon peserta pria disyaratkan memiliki tinggi badan minimal 170 cm, sedang untuk calon peserta wanita minimal 165 cm tanpa alas kaki.

     Panitia Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara 2011 menyediakan hadiah dan tropi untuk pemenang pertama, kedua, dan ketiga masing-masing sebesar Rp 50 juta, Rp 25 juta, dan Rp 15 juta, sedangkan untuk pemenang peserta favorit dan perserta persahabatan masing-masing sebesar Rp 10 juta.

     Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenbudpar DR. Sapta Nirwandar mengatakan, batik yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Intangible Heritage of Humanity harus kita lestarikan dan kembangkan di antaranya melalui kegiatan Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara 2011, yang tahun ini untuk pertama kali. "Setelah kita kampanyekan, Batik kini sudah diterima masyarakat luas termasuk di kalangan muda. Kita harus dorong agar genarasi muda semakin bangga terhadap Batik Indonesia," kata Sapta Nirwandar ketika menerima panitia penyelenggara PPBN 2011 di Gedung Sapta Pesona kantor Kementerian Budpar Jakarta, Kamis (4/8). Jangka panjang PPBN akan membuka peluang lebih luas bagi Indonesia menjadi tuan rumah sekaligus pemrakarsa Pemilihan Putra-Putri Batik Internasional, mengingat banyak negara lain yang memiliki batik.

     Panitia penyelenggara berharap kalangan muda banyak tertarik untuk mengikuti Pemilihan Putra-Putri Batik Indonesia 2011, untuk ini diharapkan bisa mendaftar secara online melalui email; kontak@putraputribatik.com , facebook: Putra Putri Batik, atau Twitter:@Putraputribatik.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata

 


Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011