Saya pun berharap para generasi terbaik bangsa dapat berpartisipasi dalam Pilrek Itera
Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) mulai melakukan tahapan pemilihan rektor (pilrek) untuk masa jabatan 2022-2026 dengan menetapkan jadwal dan susunan panitia.

"Kami telah menetapkan Susunan Panitia Pilrek Itera 2022-2026, dan menyusun jadwal yang telah disetujui oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek)," kata Ketua Senat Itera Prof. Dr. Sukrasno, M.S. di Lampung, Senin.

Ia mengatakan bahwa Pilrek Itera 2022 yang telah ditetapkan diawali dengan pengumuman dan pendaftaran bakal calon rektor yang dimulai Senin (14/2) hingga 14 Maret 2022.

"Selanjutnya pengumuman bakal calon rektor yang dinyatakan lolos memenuhi syarat administrasi akan dilaksanakan pada 31 Maret 2022," kata dia.

Baca juga: Mahasiswa Itera raih medali emas di Festival Inovasi Internasional

Sukrasno menyampaikan Pilrek Itera Tahun 2022 merupakan agenda penting untuk memilih pemimpin yang dapat membawa kemajuan bagi perguruan tinggi negeri (PTN) itu.

"Saya pun berharap para generasi terbaik bangsa dapat berpartisipasi dalam Pilrek Itera," ujarnya.

Dia menyebutkan bahwa poin utama dalam pilrek tahun ini yakni berbagai program untuk peningkatan kualitas atau mutu akademik Sebab, hal tersebut kunci untuk Itera dapat menunaikan tugas yang diemban.

"Tugas utama yang selama ini diemban Itera adalah melahirkan sumber daya manusia unggul dan berkualitas, khususnya di bidang sains dan teknologi, untuk membangun Sumatera dan Indonesia," kata dia.

Baca juga: Mahasiswa Itera kembangkan tempat sampah otomatis sensor ultrasonik

Ketua Panitia Pilrek Itera Tahun 2022, Dr. Eng., Lukman Nulhakim, M.T., dalam kesempatan tersebut memaparkan bahwa para calon rektor yang telah ditetapkan oleh Senat Itera akan dijadwalkan menyampaikan visi, misi, program, dan penjaringan aspirasi sivitas akademika pada 14 April 2022.

"Penetapan tiga calon rektor dan penyerahan tiga nama calon rektor ke Menteri akan dilaksanakan pada 14 April 2022," kata dia.

Sementara itu, pemungutan suara dan penetapan calon rektor terpilih dijadwalkan pada 12 Mei 2022. Kemudian rangkaian pemilihan rektor akan ditutup dengan agenda penetapan dan pelantikan rektor terpilih yang dijadwalkan pada 3 Juli 2022.

Baca juga: Dosen Itera raih penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia

“Kami mengundang putra-putri terbaik bangsa untuk ikut berpartisipasi menjadi bakal calon Rektor Itera,” ujar Dr. Lukman.

Lukman juga menjelaskan persyaratan calon Rektor Itera dengan merujuk pada Permenristekdikti No. 19 Tahun 2017, di antaranya calon rektor harus berstatus pegawai negeri sipil (PNS) yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah Lektor Kepala.

Kemudian, berusia maksimal 60 (enam puluh) tahun, pada saat dilantik. Calon rektor juga memiliki pengalaman manajerial paling rendah sebagai ketua jurusan atau sebutan lain yang setara, atau ketua lembaga paling singkat 2 (dua) tahun di PTN, atau paling rendah sebagai pejabat eselon II.a di lingkungan instansi pemerintah.

"Selain itu, persyaratan lainnya, calon rektor harus berpendidikan doktor (S3), hingga tidak pernah melakukan plagiat sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan. Persyaratan selengkapnya dapat diakses melalui lama resmi Pilrek Itera di pilrek.itera.ac.id yang mulai hari ini kami luncurkan,” kata dia.

Baca juga: Itera raih tiga Anugerah Humas Diktiristek Kemendikbudristek 2021

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022