Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan mengungkap bahwa antusiasme generasi milenial sangat tinggi terhadap aset kripto dan sektor pariwisata menbutuhkan intervensi kuat dari pemerintah kemarin menjadi pemberitaan sektor ekonomi. Simak berita lainnya.

 

Batik jadi incaran kolektor dunia di Expo 2020 Dubai

Salah satu produk warisan budaya Indonesia yakni batik menjadi incaran kolektor dunia yang berkunjung di Paviliun Indonesia pada ajang Expo 2020 Dubai, di mana aneka motif batik dapat ditemukan di berbagai penjuru Paviliun Indonesia, salah satunya di area Rolling Exhibition.

“Pada Expo 2020 Dubai, batik menjadi salah satu incaran kolektor dari Amerika, Australia, hingga Prancis,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia Didi Sumedi lewat keterangannya di Jakarta, Senin.

 

Wamendag ungkap penyebab milenial antusias terhadap aset kripto

Wakil Menteri Pedagangan Jerry Sambuaga mengungkap beberapa alasan generasi milenial antusias terhadap perdagangan aset kripto berdasarkan kajian dan perbincangan dengan berbagai komunitas.

"Salah satunya adalah karena transaksinya tidak ada batasan. Tidak harus dilakukan di dalam negeri. Semua pengguna bisa melakukan aktivitas blockchain yang tidak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri," kata Wamendag dalam bincang-bincang di media sosial Kementerian Perdagangan di Jakarta, Senin.

 

Airlangga: Sektor pariwisata perlu intervensi kuat dari pemerintah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemulihan sektor pariwisata di Indonesia memerlukan intervensi yang kuat dan konsisten dari pemerintah.

“Berbagai kegiatan baik itu di sektor digital dan sektor prioritas pariwisata terus pemerintah dorong dan pemerintah juga terus mendorong program pemulihan ekonomi yang anggarannya juga diberikan kepada sektor pariwisata,” kata dia dalam Kick Off Meeting Tourism Working Group (TWG) G20 yang dipantau secara virtual, Jakarta, Senin.

 

BI terus dukung pengembangan manufaktur dan hilirisasi industri

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo mengatakan terus mendukung pengembangan manufaktur dan hilirisasi industri produk dalam negeri untuk menciptakan nilai tambah.

"Bersama pemerintah, kami telah membuat pemetaan terperinci dari semua subsektor manufaktur. Berdasarkan pemetaan ini kami berkomunikasi dengan lembaga keuangan mengenai potensi subsektor tersebut sehingga meminimalkan informasi yang tidak sesuai antara sektor riil dan sektor keuangan," kata Dody dalam webinar "Bergeser ke Industri Bernilai Tambah Lebih Tinggi" yang dipantau di Jakarta, Senin.

 

Menko Luhut: Kapasitas WFO kini naik dari 25 persen jadi 50 persen

Pemerintah Indonesia kembali menyesuaikan kapasitas work from office (WFO) dari sebelumnya 25 persen menjadi 50 persen untuk wilayah PPKM level 3 demi menjaga keseimbangan sektor kesehatan dan ekonomi agar tetap baik.

"Pemerintah akan menyesuaikan kembali batas maksimum WFO di level 3 yang sebelumnya 25 persen menjadi 50 persen atau lebih," kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022