Langkat, Sumut (ANTARA News) - Ribuan ayam dan telur di peternakan ayam Desa Tanjung Berahi Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat Sumatera Utara musnah terbakar dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

"Kebakaran terjadi saat para pekerja sedang memberi makan ayam di kandang," ujar salah seorang pekerja Waloyo, di Selesai, Jum,at.

Menurutnya api pertama kali terlihat di gudang penyimpanan telur yang diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik kemudian menyambar ke seluruh gudang yang terbuat dari kayu.

"Seketika api pun membesar dan membakar seisi gudang dan menyambar juga ke gudang di sebelahnya," katanya.

Melihat kejadian itu, para pekerja mencoba memadamkan api dan mengontak aparat pemadam kebakaran kota Binjai dan Langkat, katanya.

Namun, api terus membesar, sehingga membuat panik para pekerja, setengah jam kemudian barulah aparat pemadam kebakaran datang.

Disampaikannya juga setelah berjuang hampir satu jam, baru api dapat dipadamkan namun sudah meluluhlantakkan seluruh bangunan peternakan ayam tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam pristiwa kebakaran tersebut namun pemilik perusahaan diperkirakan merugi ratusan juta rupiah akibat kehilangan ribuan ayam dan ribuan telur ayam yang siap jual.

Hingga kini aparat masih menyelidiki penyebab kebakaran. (ANT218/A020/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011