Bandung (ANTARA News) - Produsen semen PT Holcim Indonesia Tbk akan menambah kapasitas produksi semen sebesar 1,7 juta ton per tahun mulai 2013.

"Pabrik baru di Tuban Jatim disiapkan untuk meningkatkan produksi sebesar 1,7 juta ton per tahun, pabrik baru itu akan beroperasi mulai 2013," kata Corporate Communication Holcim Deni Nuryadain di Bandung, Sabtu.

Pabrik baru salah satu produsen semen terbesar di Indonesia itu menurut Deni saat ini sudah dilakukan pembangunan konstruksi dan dijadwalkan rampung pada 2013.

Saat ini pabrik semen itu memiliki dua pabrik di Narogong Jawa Barat dan di Cilacap Jawa Tengah dengan total kapasitas gabungan per tahun 8.3 juta ton dengan jumlah tenaga kerja 2.500 orang.

"Secara keseluruhan Holcim saat ini berada di peringkat ketiga dari total produksi dengan market share sekitar 17 persen dari pasar semen di Indonesia," katanya.

Terkait pasar semen ke depan, kata Deni terus tumbuh bahkan kebutuhan nasional di atas kapasitas produksi saat ini. Sehingga penambahan kapasitas produksi dari produsen semen masih memungkinkan untuk menembus pasar.

"Permintaan pasar untuk semen terus meningkat setiap tahunnya, hal itu tidak lepas dari tumbuhnya proyek infrastruktur, perumahan maupun lainnya," katanya.

Ia mengakui pertumbuhan permintaan semen hampir merata di setiap daerah di Indonesia sehingga distribusi ke semua daerah di Indonesia ditingkatkan.

"Permintaan paling besar masih di Pulau Jawa, disusul Sumatera dan Kalimantan. Yang jelas pasar semen masih sangat terbuka," kata juru bicara Holcim itu menambahkan.

(S033/Y003)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011