...pada tahap awal, OP minyak goreng dilakukan sebanyak 6.000 liter dengan harga Rp14.000 per liter
Medan (ANTARA) - PTPN IV mulai Selasa melakukan operasi pasar (OP) minyak goreng dengan total sebanyak 309.464 liter hingga empat bulan ke depan untuk membantu ketersediaan salah satu bahan pokok itu bagi masyarakat.

"Sesuai arahan dari holding perkebunan Nusantara, pada tahap awal, OP minyak goreng dilakukan sebanyak 6.000 liter dengan harga Rp14.000 per liter," ujar Direktur PTPN IV, ,Sucipto Prayitno di Medan, Selasa.

Dia mengatakan itu seusai  OP minyak goreng di Kantor Direksi PTPN IV Jalan Letjen Suprapto Medan yang dihadiri Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan Dammikrot yang mewakili Wali Kota Medan, dan sejumlah kepala dinas terkait serta pejabat muspika.

Baca juga: Pedagang di Pasar Klender keluhkan kelangkaan stok minyak goreng

Minyak goreng yang di OP kan itu merupakan produksi PT Industri Nabati Lestari (PT INL) yang juga merupakan anak perusahaan PTPN IV dan PTPN III.

Menurut Sucipto Prayitno yang didampingi SEVP Operation I Fauzi Omar, SEVP Operation II Joni Raja Siregar dan SEVP Business Support Budi Susanto, kepala bagian dan Ketua Umum SPBUN PTPN IV Muhammad Iskandar, OP. minyak goreng di kantor direksi itu berlangsung selama dua hari yakni 15 - 16 Februari 2022.

Sucipto Prayitno mengatakan, OP minyak goreng itu diharapkan bisa menjangkau semua. masyarakat  di sekitar operasional PTPN IV dan termasuk karyawan.

Agar OP memenuhi sasaran, perusahaan sudah menetapkan jumlah pembelian minyak goreng itu atau dua liter per kepala keluarga.

"PTPN IV juga akan menyalurkan minyak goreng murah itu hingga ke berbagai kawasan khususnya yang berdampingan langsung dengan wilayah kerja PTPN IV mulai di distrik, kebun dan pabrik kelapa sawit.

Baca juga: Pemda sediakan 1.500 liter minyak goreng di operasi pasar Karawang

Dia menjelaskan, kegiatan OP minyak goreng itu merupakan kebijakan Kementerian Perdagangan tentang minyak goreng satu harga sebagai wujud komitmen pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga terjangkau.

Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Riza Fahlevi Naim, mengatakan, sebelumnya yakni pada 8 Januari 2022, PTPN Group telah melaksanakan OP di tiga lokasi di wilayah Medan.

Dia menegaskan, PTPN Group akan menggelontorkan 1/4 dari total kapasitas produksi minyak goreng atau setara dengan 750 ribu liter per bulan hingga Mei.

Total hingga Mei 2022 ada 3,75 juta liter minyak goreng yang akan digelontorkan.

“Harapannya, dengan OP, PTPN memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam bidang perekonomian sesuai dengan komitmen pemerintah terhadap masyarakat,” ujar Riza.

Kepala Dinas Perdagang Medan, Dammikrot, mengakui, harga minyak goreng di. pasar masih di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Kemendag.

Untuk itu, katanya, OP minyak goreng yang dilakukan PTPN sangat diapresiasi dan diharapkan bisa terus berlanjut hingga harga komoditas itu kembali stabil

Pemkot Medan sendiri, ujar dia, sudah menyalurkan lebih dari 100 ton minyak goreng untuk masyarakat setempat.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022