Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah meninjau langsung sekaligus memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir di enam Desa di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa.

"Melihat masyarakat yang terkena dampak banjir di Kecamatan Alas sore. Alhamdulillah, air berangsur surut. Terima kasih BPBD dan Dinas Sosial Provinsi yang bersinergi sangat baik dengan BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa," ujarnya dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Selasa.

Enam desa yang terdampak banjir antara lain Desa Dalam, Desa Luar, Desa Kalimango, Desa Baru, Desa Juran Alas, dan Desa Marente. Enam desa ini terkena dampak banjir yang terjadi pada Senin kemarin (14/2).

Selain warga, Zulkieflimansyah juga menyempatkan diri mengunjungi rumah Wakil Gubernur NTB periode 2003-2008, H Bonyo Thamrin Rayes. Rumah mantan Wagub Rayes turut terdampak banjir di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa.

Baca juga: Mantan kades di Sumbawa ditemukan meninggal setelah terseret banjir

Baca juga: Mantan kades di Sumbawa hilang terseret banjir bersama mobilnya


"Sebagai sesepuh dan orang tua wajib kita kunjungi beliau untuk silaturahmi," katanya.

Apalagi, kediaman H Bonyo Thamrin Rayes, dekat dengan sungai yang meluap. "Rumah beliau juga termasuk, terdampak banjir," ujarnya.

Doktor Zul bersyukur, mantan Wakil Gubernur di masa Gubernur H Lalu Srinate tersebut tampak masih sehat.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB H Ahsanul Khalik mengatakan sejak dilaporkan adanya banjir, pihaknya telah berkoordinasi dengan kabupaten/kota untuk menurunkan tim untuk menyalurkan bantuan awal.

"Bantuan awalnya antara lain, matras, tenda gulung, makanan siap saji, perlengkapan anak dan wanita, perlengkapan kebersihan, selimut, beras, telur, air mineral dan lainnya," katanya.*

Baca juga: BPBD Sumbawa salurkan bantuan untuk ribuan warga terdampak banjir

Baca juga: Banjir bandang terjang Brang Rea Sumbawa Barat

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022