Jakarta (ANTARA) - Kehadiran Indonesia Website Awards (IWA) 2021 yang diselenggarakan oleh Exabytes pada Februari 2022 diharapkan dapat ikut mendorong transformasi digital sejalan dengan salah satu bahasan utama di Presidensi G20 Indonesia mengenai transformasi digital dan ekonomi.

Tidak hanya memberikan penghargaan kepada para komunitas pengembang website atau website developer, acara IWA 2021 akan menghadirkan program edukasi IWA x Web Developer Talk dengan tema "Website Trend in 2022 : Spike Up Your Business" yang diharapkan dapat dihadiri oleh para pelaku UMKM yang sudah masuk ke ruang digital.

"Digitalisasi berperan utama dalam mendorong bisnis UMKM untuk bertahan dan bangkit serta berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional. Isu ini sangat penting dibahas di agenda Presidensi G20 Indonesia. Sejalan dengan pemerintah, Exabytes Indonesia konsisten mengadakan Indonesia Website Awards setiap tahun," kata Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Website untuk sekolah permudah pembelajaran daring di masa pandemi

Indra mengatakan pihaknya melihat semangat para web developer yang berkompetisi dengan hasil karya website terbaik mereka dan juga antusiasme positif dari audiens yang mendengarkan pemaparan para pembicara yang ahli di bidang digital dan teknologi di sesi Web Developer Talk.

Kehadiran edukasi digital itu berkaca dari kondisi terkini telah ada 16,4 juta pelaku bisnis UMKM yang hadir pada platform digital. Tentu angka itu terbilang baik karena terlihat ada pertumbuhan lebih dari 100 persen untuk UMKM go digital sejak awal pandemi.

Peningkatan ini dikarenakan beralihnya konsumen yang mulai menggunakan platform digital dalam memenuhi kebutuhannya. Berdasarkan data dari e-Conomy SEA 2021, Indonesia memiliki 21 juta konsumen digital baru selama pandemi pada 2020 dan paruh 2021.

Meski masyarakat dan pelaku bisnis telah paham digitalisasi dengan adanya koneksi internet, namun masih memerlukan edukasi untuk penguasaan dan pemanfaatan teknologi serta wadah apresiasi bagi para penggiat pengembang website di Indonesia.

Pemerintah Indonesia juga tidak dapat berjalan sendiri dalam menyukseskan transformasi digital yang dibahas di Presidensi G20 Indonesia nanti untuk itu Exabyte dengan inisiatifnya mengambil bagian dalam menyukseskan agenda tersebut.

Terkait penyelengaraan IWA 2021, ada sebanyak 1580 website yang ikut terlibat dan telah melewati penilaian dari 15 orang juri yang berkompeten di bidang seperti web developer, web programmer dan web designer professional.

Nantinya akan ada empat pemenang yang diumumkan di ajang IWA 2021 pada 26 Februari 2022 yaitu satu pemenang Favorite Website dan tiga pemenang Best Website yang akan dinobatkan sebagai "Site of the Year 2021".

Para pemenang itu nantinya akan mendapatkan hadiah untuk pembuatan website yang dipersembahkan oleh Exabytes Indonesia.

"Ajang Indonesia Website Awards hingga saat ini merupakan ajang penganugerahan pertama dan satu-satunya di Indonesia bagi para talenta berbakat dan penghargaan atas kinerja luar biasa mereka, yakni para insan pengembang dan perancang website di Indonesia. Website bernilai tinggi karena merupakan identitas merek sebuah bisnis atau perusahaan secara digital sekaligus citra yang dapat dibangun untuk kredibilitas dan meningkatkan penjualan nantinya. Kami bangga turut berpartisipasi menjadi bagian dari ekosistem digital dan harapannya membantu menyukseskan program Presidensi G20 Indonesia dengan gelaran Indonesia Website Awards x Web Developer Talk 2021 ini," tutup Indra.

Baca juga: Exabytes gelar Indonesia Website Awards 2021

Baca juga: Exabytes Indonesia gandeng GoPay dorong digitalisasi UMKM

Baca juga: Exabytes dukung digitalisasi UMKM melalui SME DigitalFest 2021

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022