Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara Indonesia Website Awards 2021 yaitu Exabytes Indonesia berharap kehadiran ajang apresiasi bagi para pengembang situs website itu dapat menaikkan standar dan mutu situs web seiring perkembangan transformasi digital.

Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan menyebutkan meski saat ini masyarakat sudah tidak lagi canggung menggunakan internet, namun ketika berhadapan dengan pengelolaan website masih banyak yang menganggap hal tersebut enteng.

"Kami harap dengan adanya ajang seperti ini para developer webiste tidak lagi membuat website di bawah standar. Dengan adanya acara ini kami ingin memberikan value untuk mengajak para pengembang website bisa menghadirkan website dengan standar yang tinggi. Baik dari segi keamanan, pengunaan, serta kenyamanan bagi pengguna website. Jadi tidak akan ada lagi yang membuat website inginnya murah tapi meninggalkan esensi dari website," kata Indra dalam jumpa pers virtual, Rabu.

Maka dari itu, IWA 2021 tidak hanya diselenggarakan dari segi kompetisi tapi juga memberikan edukasi dengan para ahli yang bergerak di bidang pengembangan situs web dan perancangan website.

Dengan demikian, selain bisa melihat standar baik dari sebuah website, maka para peserta dalam ajang itu juga dapat belajar untuk lebih baik lagi mengembangkan karyanya.

"Selain ini menjadi ajang kami memberi penghargaan kepada para pengembang website yang berbakat termasuk dari kategori individu dan perusahaan, ajang ini juga bisa menjadi tempat pesertanya mendapatkan nilai baru dan bisa meningkatkan website-nya untuk di masa depan," ujar Indra.

Ada pun tiga kategori yang dilombakan dalam IWA 2021 di antaranya kategori website untuk Personal, UKM, dan e-commerce.

Untuk kategori personal, peserta yang dimaksud adalah para pengembang website dari kalangan blogger.

Sementara untuk kategori UKM, peserta merupakan pelaku UMKM dan mengembangkan website untuk keperluan menunjukkan portofolionya sehingga bisa dikenal di ruang digital.

Terakhir dari kategori e-commerce, pengembang website sudah memiliki fitur yang bisa digunakan pelanggan terutama untuk melakukan transaksi.

IWA 2021 akan berlangsung pada 26 Februari 2022 mulai 10.00 WIB- 14.30 WIB.

Tidak hanya ajang penghargaan namun acara itu juga akan dilengkapi dengan Indonesia Website Awards x Web Developer Talk bertajuk "Website Trend in 2022 : Spike Up Your Business" ​​​​​​.

Baca juga: IWA 2021 dorong transformasi digital sejalan Presidensi G20 Indonesia

Baca juga: Exabytes gelar Indonesia Website Awards 2021

Baca juga: Exabytes Indonesia gandeng GoPay dorong digitalisasi UMKM


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022