Sulbar belum memiliki panti rehabilitasi sosial.
Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) berencana membangun panti rehabilitasi sosial dengan meminta bantuan pemerintah pusat.

"Sulbar belum memiliki panti rehabilitasi sosial, sehingga ke depan direncanakan untuk dibangun melalui program pembangunan daerah," kata Sekda Sulbar Muhammd Idris Dp, di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, panti rehabilitasi sosial di Sulbr untuk masyarakat yang mengalami dampak sosial seperti anak, lanjut usia, penyandang disabilitas, tuna sosial dan korban perdagangan orang, serta korban penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya.

Menurut dia, pemerintah pusat diminta untuk membantu Sulbar mewujudkan rencana pembangunan panti rehabilitasi sosial tersebut.

Dia menyampaikan terdapat sejumlah pembangunan di Sulbar yang berupaya diwujudkan selain panti rehabilitasi sosial. Di antaranya upaya pembebasan lahan Bandara Tampadang Mamuju seluas 16,5 hektare agar fasilitas pendukung bandara dapat dibangun.

Kemudian pembebasan lahan di jalan arteri di Kota Mamuju, dan pembangunan Balai Sumber Daya Alam Sulbar, serta pembangunan Balai Transportasi Darat.

Selain itu, Pemprov Sulbar akan mewujudkan perubahan status jalan provinsi menjadi jalan nasional serta akan melaksanakan pembangunan UPTD balai yang bersertifikasi pangan.

Ia berharap, rencana pembangunan itu mendapat dukungan penuh pemerintah pusat, karena Sulbar juga akan menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.
Baca juga: 8802 Anak Terlantar Sulbar Minta Perhatian Pemerintah

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022