Saya takjub bergabung dengan Arsenal. Ini amat fantastik dan saya tetap berusaha dapat bermain dalam klub dengan level tinggi.
London (ANTARA News/AFP) - Arsenal mengontrak pemain sayap remaja Alex Oxlade-Chamberlain, demikian diumumkan klub Liga Utama Inggris itu, Senin, dan kelihatannya ini merupakan rekor bagi pemain berusia 17 tahun.

Southampton, klub yang baru dipromosikan ke divisi (tier) kedua (Championship) mengatakan kontrak itu merupakan "bayaran rekor klub" tapi tidak mengungkapkan berapa nilainya.

Ini berarti, kontrak pemain berusia 17 tahun putera mantan pemain internasional Inggris Mark Chamberlain itu, melebihi nilai 12 juta pound (20 juta dolar) yang dibayarkan Arsenal kepada Southampton ketika membeli pemain sayap Inggris Theo Walcott pada 2006.

Beberapa laporan media menyebutkan, nilai pemain itu sekitar 15 juta poun (25 juta dolar), dianggap merupakan rekor bayaran di Inggris untuk pemain seusia Oxlade-Chamberlain.

Oxlade-Chamberlain belum pernah main di level kompetisi di atas League 1, merupakan kompetisi divisi tiga di Inggris.

Tapi musim lalu ia tampil mengesankan dengan mencetak 10 gol dalam 41 penampilannya di klub pantai selatan Southampton yang naik pangkat ke jenjeng Championship.

Oxlade-Chamberlain juga sudah pernah main dalam laga internasional membela tim usia di bawah 18 tahun (U-18) Inggris, U-19 dan U-21.

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, dalam pernyataan yang dilansir dalam laman tim Gunners itu mengatakan, "Kami senang Alex bergabung dengan kami."

"Ia merupakan pemain muda menakjubkan dan akan menunjukkan kreativitas dan gaya menyerang dalam tim kami," kata pelatih dari Prancis itu.

"Alex merupakan perspektif pemain dengan bola panjang dan amat mengerti dengan permainan yang dihadapinya. Ia merupakan pemain hebat," katanya.

Oxlade-Chamberlain, yang berusia 18 tahun Senin, mengatakan, "Saya takjub bergabung dengan Arsenal. Ini amat fantastik dan saya tetap berusaha dapat bermain dalam klub dengan level tinggi."

"Arsenal memiliki pelatih hebat Arsene Wenger, pemain bermutu dan gaya bermain amat menarik. Semua itu merupakan faktor hebat yang membuat saya memilih bergabung dengan Arsenal," tambahnya.

"Saya bangga bergabung dengan Arsenal dan saya berterima kasih kepada semua orang di Southampton atas dukungan mereka ketika saya memulai karir saya," katanya.

Klub dari utara London, Arsenal, yang tidak mendapat piala sejaj 2005, kalah di final Piala Liga musim lalu dan melorot ke urutan ketiga dalam kompetisi liga utama.

Arsenal mengawali pertandingan kompetisi musim ini melawan Newcastle, Sabtu. (A008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011