Apakah kamu adalah fans olahraga di Indonesia atau dunia? Atau kamu punya kemampuan khusus dalam menganalisis permainan olahraga? Jika demikian, kamu perlu mencoba game yang bernama MPL Fantasy dari MPL Indonesia.

Di dalam platform ini, kamu bisa bisa berperan layaknya seorang pelatih atau analis di sebuah tim sepak bola. Sangat cocok untuk kamu yang suka menganalisis permainan dalam bertanding.

Sekilas Tentang MPL Fantasy

Seperti sudah disinggung sebelumnya jika MPL Fantasy ini adalah platform khusus untuk pecinta olahraga. Di dalam game ini, kamu bisa memilih pemain andalan kamu sendiri. Pemain andalanmu bisa masuk ke dalam komposisi tim kamu untuk memenangkan turnamen.

Kalau tim kamu berhasil memenangkan turnamen tersebut, kamu akan mendapatkan Berlian Kemenangan. Berlian Kemenangan tersebut nantinya bisa kamu tukarkan dengan saldo GoPay dan LinkAja.

Untuk menambah keseruan kamu dalam bermain, kamu bisa bermain di berbagai turnamen berhadiah. Karena di platform MPL Fantasy ini akan terdapat turnamen setiap harinya yang bisa kamu ikuti.

Keseruan turnamen ini sudah bisa mulai kamu rasakan sejak awal. Bahkan kamu harus punya tim yang benar-benar jago jika ingin bersaing dan bisa menjadi juara. Jika sudah juara, kamu berhak mendapatkan Berlian Kemenangan yang bisa kamu tukarkan menjadi saldo LinkAja dan GoPay.

Untuk memenangkan turnamen tersebut, kamu harus punya kemampuan yang bagus. Kamu juga harus piawai membaca pola permainan dari tim lawan di setiap turnamennya.

Strategi pertandingan dan pemilihan komposisi pemain juga sangat berpengaruh untuk memenangkan turnamen.

Tips Juara Turnamen MPL Fantasy Sepak Bola

Tentu tidak mudah untuk bisa jadi pemenang di Game MPL Fantasy. Namun hal ini perlu kamu lakukan jika ingin mendapatkan banyak Berlian Kemenangan.

Khusus untuk kamu penggemar berat sepak bola, kamu bisa menggeluti permainan ini. Sehingga kamu bisa benar-benar jago dan akhirnya banyak menjuarai turnamen.

Berikut ini adalah beberapa tips supaya kamu bisa memperoleh banyak Berlian Kemenangan dengan bermain MPL Fantasy Sepak Bola.

1. Pelajari Sistem Poinnya

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memenangkan turnamen adalah mempelajari sistem poinnya terlebih dahulu. Setiap aktivitas yang kamu lakukan akan mempengaruhi peroleh poin kamu nantinya.

Untuk memperoleh jumlah poin yang maksimal hingga 2 poin, kamu perlu bermain hingga 55 menit. Jika kurang dari 55 menit, kamu hanya akan mendapatkan 1 poin saja.

Setiap kamu melakukan penyerangan atau bertahan juga akan mendapatkan point. Berikut ini adalah rincian poin yang akan kamu peroleh ketika menyerang.

● Melakukan 10 operan: +0,5 poin.
● Melakukan 2 shots on target: +1 poin.
● Penyerang (forward) mencetak gol: +8 poin.
● Gelandang (midfielder): +9 poin.
● Bek (defender): +10 poin
● Pemain melakukan assist: +5 poin.

Selain menyerang, ketika bertahan kamu juga akan memperoleh poin. Berikut rincian poin nya.

2. Analisa Performa Pemain Sendiri

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menganalisa para pemain yang bertanding sebelumnya. Kamu analisis performa mereka pada pertandingan-pertandingan sebelumnya.

Kamu bisa memanfaatkan fitur yang disediakan di MPL Fantasy untuk melihat performa mereka. Fitur tersebut bernama MPL Fantasy Super Analyst. Sebaiknya pelajari data tersebut sebagai bahan acuan untuk menerapkan strategi kamu yang selanjutnya.

Data yang berasal dari MPL Fantasy Super Analyst ini kamu bisa memberikan prediksi. Kamu juga menganalisa performa mereka melalui blog maupun Instagram MPL.

3. Tidak Bergantung Pada 1 Tim

Kami sarankan untuk tidak hanya bergantung pada satu tim saja. Kamu juga harus bisa membuat strategi dalam memilih pemain yang bisa diandalkan di tim lawan.

Jika hanya bergantung pada satu tim saja, ini akan menjadi boomerang mengingat dalam MPL sistem poinnya fluid. Meskipun kamu mempunyai satu pemain bintang, tapi hal itu tidak akan mengangkat performa tim.

Untuk bisa memenangkan permainan, kamu harus bisa menyusun komposisi pemain yang bagus. Bertumpu pada satu pemain bintang saja bukan langkah yang tepat.

4. Pilih Pemain Belakang Bernaluri Gol

Perlu kamu ketahui bahwa pemain belakang baik itu bek atau gelandang bertahan punya pertahanan yang tinggi. Mereka cenderung tidak punya skill memasukan bola yang baik seperti halnya pemain depan atau gelandang serang.

Namun apakah kamu tahu kalau kamu akan dapat tambahan poin yang besar jika pemain belakang yang mencetak gol?

Ya, oleh sebab itulah kalau bisa pilihlah pemain belakang yang punya naluri gol yang sangat baik. Pemain yang punya naluri gol tajam biasanya punya kemampuan heading yang baik karena postur tubuhnya tinggi.

Salah satu contoh pemain yang punya kemampuan bertahan bagus dan naluri gol tajam adalah Sergio Ramos. Masih banyak pemain bek lainnya yang bisa kamu masukkan ke dalam line up.

5. Pilih Formasi yang Adaptif

Ketika bermain MPL Fantasy, bergantung pada satu formasi adalah pilihan yang pragmatis. Karena pada dasarnya setiap pelatih itu harus adaptif terhadap formasi tim yang digunakan pada pertandingan.

Pemilihan formasi yang adaptif ini perlu kamu lakukan karena jalannya setiap pertandingan akan berbeda-beda. Bahkan Tanpa harus memandang lawan yang lemah atau kuat pun Anda harus mempertahankan hal ini.

Ada banyak formasi yang bisa kamu gunakan dalam setiap pertandingan di MPL Fantasy. Beberapa formasi yang dapat kamu gunakan diantaranya sebagai berikut.
● 3-4-3
● 3-5-2
● 4-4-2
● 4-3-3
● 4-5-1
● 5-4-1

Dari formasi di atas, coba perkirakan mana yang cocok kamu gunakan pada setiap pertandingan. Perlu kamu ketahui juga kalau setiap formasi itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Misalnya jika kamu ingin memainkan cara permainan yang terbuka. Maka kemungkinan akan terjadi banyak serangan dan banyak gol. Jika ingin menjalankan strategi tersebut, kamu bisa menempatkan 3 pemain belakang.

Dengan strategi seperti itu, kamu bisa menggunakan formasi 3-4-3 atau 3-5-2. Kedua formasi itu juga cocok digunakan jika kamu ingin menggunakan gaya permainan ball possession atau tiki-taka.

Namun jika kamu adalah pelatih yang hobi permainan bertahan atau negative football, kedua formasi tersebut tidak cocok digunakan. Penempatan 3 pemain bek akan membuat pertahanan tim kamu lemah.

6. Pertimbangkan Pemain yang Banyak Dipilih

Faktor penentu kemenangan di turnamen sepak bola MPL Fantasy yang selanjutnya adalah persentase selected (Sel). Indikator ini akan menunjukkan seberapa banyak kompetitor kamu memilih pemain tertentu.

Pemain yang bagus tentu saja mempunyai persentase selected yang sangat tinggi. Namun apakah kamu juga harus memilih pemain dengan persentase selected yang tinggi?

Tentu saja tidak. Kamu harus menyesuaikannya dengan kondisi permainan dan harus berimprovisasi. Bahkan kamu akan gambing di waktu yang bersamaan.

Pemilihan pemain dengan persentase selected tinggi memang bagus kalau kamu ingin bermain aman. Atau tim kamu tidak ingin banyak kebobolan. Dengan begitu kamu perlu pemain dengan daya gedor tinggi.

Tentu bukan kamu saja yang akan memilih pemain tersebut, namun juga kompetitor. Namun yang menjadi pembeda adalah apakah kamu akan menggunakan pemain tersebut sebagai kapten, wakil kapten, atau tidak sama sekali.

Selain memilih pemain dengan persentase selected tinggi, kamu bisa memilih pemain berbeda. Namun cara ini tidak cocok untuk kamu yang tidak berani ambil resiko karena mungkin saja hasilnya tidak akan sesuai ekspektasi.

Pilihlah pemain pembeda sebagai strategi rahasia kamu dalam turnamen. Pemain pembeda ini biasanya punya persentase selected kurang dari 5%. Namun harus dipastikan kalau dia itu adalah pemain inti, bukan pemain cadangan.

Cara ini memang beresiko karena jarang sekali berhasil selain keberuntungan berpihak kepada kamu. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengkombinasikan pemain dengan persentase selected tinggi dan pemain pembeda.

7. Bersikap Netral

Karena peran kamu adalah manajer, pastikan bahwa tujuan utama kamu itu adalah tim dan meraih poin yang maksimal. Potensi kamu untuk memenangkan game menjadi kecil jika berat sebelah.

Kamu harus bisa bersikap adil dan memilih pemain terbaik untuk kedua tim untuk mendapatkan poin maksimal.

8. Cek Statistik Pemain

Jika kamu ingin mendapatkan poin yang maksimal, kamu harus tahu statistik penting dari seorang pemain. Jika perhatikan penjelasan pada poin nomor 1 di atas, poin terbesar didapat dari gol, assist, dan clean sheet.

Khusus untuk gol, pemain bertahan bisa memperoleh 10 poin ketika berhasil mencetak satu gol. Sementara untuk pemain tengah hanya 9 poin dan penyerang 8 poin.

Potensi kamu untuk memperoleh poin yang maksimal sangat besar jika pemainnya punya indikator tersebut. Namun kamu juga harus memperhatikan statistik turunannya. Misalnya adalah shot on target dan jumlah operan sukses dalam pertandingan.

Untuk mengeceknya, kamu bisa membuka situs-situs yang menyediakan statistik pertandingan seperti WhoScored dan Sofascore. Setidaknya kamu cek data pertandingan terakhir dan siapa pemain yang paling bersinar.

Memilih pemain dengan performa bagus pada pertandingan terakhir biasanya akan tetap bersinar di pertandingan selanjutnya. Namun pada suatu saat mereka akan mengalami penurunan performa.

Sepak bola memang bukan permainan yang bukan hanya bisa dimainkan di atas kertas semata. Namun juga harus didukung dengan data statistik sehingga kamu bisa memperkirakan permainannya seperti apa.

Total perhitungan poin kompetisi akan selesai dalam waktu 24 jam. Terus ikuti perkembangannya sampai tahu di posisi ke berapa tim kamu. Jika akumulasinya telah selesai, kamu berhak mendapatkan Berlian Kemenangan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022