Jakarta (ANTARA News) - Gedung Adira di Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat terbakar, Selasa petang, mulai sekitar pukul 17.00 WIB dan menyebabkan beberapa orang sempat terjebak.

"Sampai sekarang (pukul 20.00) sudah delapan orang yang kami selamatkan. Mudah-mudahan tidak ada lagi," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, Paimin Napitupilu di lokasi kebakaran.

Paimin mengatakan, para korban yang terjebak dibawa ke bawah oleh petugas dengan cara digendong melalui tangga. Sementera itu, petugas yang menggendong menggunakan alat bantu pernapasan.

"Kondisi korban lemas. Mereka dibawa oleh ambulans untuk diberikan pertolongan," kata Paimin.

Paimin mengatakan, petugasnya (hingga pukul 20.00) masih mengecek ke dalam gedung untuk memeriksa apakah masih ada orang yang terjebak. Ia mengharapkan tidak ada lagi orang yang terjebak.

Pada pukul 20.00 juga tidak terlihat api. Yang ada adalah asap yang mengepul.

Seorang saksi mata mengatakan, dari luar gedung tidak terlihat api. Namun asap sangat pekat terutama pada pukul 18.00 WIB.

Paimin mengatakan untuk mengatasi kebakaran tersebut dikerahkan 28 unit mobil pemadam kebakaran termasuk dua mobil tangga.

Paimin menduga asal api dan asap berasal dari lantai lima. Kemudiam asap menyebar mulai lantai tiga hingga lantai 10.

Asap tersebut kemungkinan besar berasal dari kabel-kabel yang terbakar.

Sementara itu arus lalu lintas dari patung Pak Tani menuju Menteng ditutup. Sementara dari arah sebaliknya tetap dibuka.(*)

(L.U002*S023/S006)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011