Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra unggulan delapan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan bangkit dari kehilangan game pertama untuk meraih kemenangan atas pasangan India Rupesh Kumar/Sanave Thomas dan maju ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia, Selasa.

Dalam pertandingan yang digelar di Wembley Arena, London, Inggris itu, pasangan peringkat delapan dunia tersebut membukukan kemenangan 19-21, 21-11, 21-12 atas Rupesh/Sanave dalam waktu 48 menit.

Game pertama berlangsung ketat dengan kedua pasangan beberapa kali menyamakan angka hingga kedudukan 19-19 sebelum game tersebut dimenang pasangan India.

Namun pada dua game berikutnya pasangan Indonesia mendominasi sejak awal dan tidak pernah terkejar lagi.

"Game pertama susah. Masih penyesuaian dengan lapangan dan masih banyak pukulan yang tidak pas," ujar Alvent mengenai kesulitan yang dihadapi pada game pembuka.

Ia mengaku belum sempat mencoba lapangan pertandingan karena tiba di London Minggu (7/8), atau hanya sehari sebelum turnamen dimulai.

Selanjutnya mereka akan memperebutkan tempat di perempat final dengan pemenang antara unggulan 16 asal Denmark Mads Conrad Petersen/Jonas Rasmussen dan Dorian Lance James/Willem Viljoen dari Afrika Selatan yang belum bertanding.

Sementara itu, mundurnya pasangan juara dunia 2007 Markis Kido/Hendra Setiawan sekaligus unggulan keenam, karena Kido terkena penyakit tifus, memberi kemenangan tanpa tanding (WO) kepada ganda putra China Hong Wei/Shen Ye.

Sakit tifus membuat Kido harus dirawat di rumah sakit pada Kamis (4/8), dan sehari kemudian ia memastikan batal mengikuti Kejuaraan Dunia di Wembley, arena yang juga akan digunakan untuk Olimpiade London 2012.(*)
(T.F005/I007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011