Saya kira Jawa Tengah tidak akan naik terlalu tinggi, terima kasih semuanya
Semarang (ANTARA) -
Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pihak terkait atas capaian dan percepatan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Jateng.

"Terima kasih kepada Bapak Gubernur, Pangdam dan Kapolda untuk capaian yang telah dikejar terus di Jawa Tengah, khususnya Pak Wali Kota Semarang," kata Presiden Jokowi secara daring pada kegiatan Vaksinasi Massal di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang, Kamis.

Yang paling penting, lanjut Presiden Jokowi, persentase untuk vaksinasi COVID-19 di Jateng sudah tinggi.

Baca juga: Presiden apresiasi capaian vaksinasi di Kabupaten Semarang

"Kemudian prokesnya dijaga. Saya kira Jawa Tengah tidak akan naik terlalu tinggi (kasus COVID-19, terima kasih semuanya," ujar Presiden.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan bahwa vaksinasi COVID-19 di Jateng secara keseluruhan berjalan dengan baik.

"Untuk vaksin pertama sudah 90,32 persen, yang kedua sudah 72,35 persen ekuivalen 20.784.304 dan vaksin dosis ketiga baru 3,69 persen, total Jawa Tengah ekuivalen 1.058.765," kata Ganjar.

Baca juga: Presiden pantau vaksinasi serentak tekankan percepatan dosis penguat

Untuk vaksin dosis ketiga, Ganjar menyebutkan daerah yang capaiannya tinggi antara lain Kota Semarang, Surakarta, Salatiga dan Tegal, bahkan di Kota Semarang jumlah dosis harian sebanyak 10.000 dosis vaksin.

"Ini kita lihat kalau kita bicara dosis ketiga, ini memang Kota Magelang, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Salatiga dan Kota Tegal, ciri-ciri kota ini cepat semua. Lumayan tinggi, tapi masih ada yang perlu mendapat perhatian," ujarnya.

Kendati demikian, beberapa daerah yakni Kabupaten Purworejo, Magelang, Pemalang, Kabupaten Tegal dan Brebes capaian vaksin dosis satu belum mencapai seratus persen.

Baca juga: Ganjar instruksikan semua RS siaga lonjakan kasus Omicron

Baca juga: Pasien COVID-19 varian Omicron di Pati Jateng dinyatakan sembuh

"Meskipun angkanya sudah tinggi, umpama Brebes 79,93 yang lain di atas 80 persen, kita minta vaksin dosis satunya bisa seratus," katanya.

Terkait dengan hal itu, Ganjar mendorong tim dari Pemprov Jateng dengan mobil vaksinnya bergerak membantu percepatan vaksinasi.

Sejalan dengan vaksinasi, Ganjar juga melaporkan kepada Presiden Jokowi mengenai persiapan di daerah dalam menghadapi peningkatan kasus seperti mengaktifkan kembali tempat isolasi terpusat dan menggunakan skenario penanggulangan varian Delta.

Baca juga: Satgas minta Jatim dan Jateng memasifkan uji COVID-19

Baca juga: RSI Banjarnegara buka lantatur tes cepat COVID-19

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022