Jakarta (ANTARA) - Demi menjaga keamanan transaksi mitra UMKM di ekosistem, sekaligus menghindari penipuan oleh oknum yang mengatasnamakan GoBiz, GoFood konsisten membekali mitranya dengan serangkaian edukasi mengenai pentingnya menjaga kerahasiaan data usaha dan data pribadi.

Gojek dalam keterangannya pada Kamis menjelaskan, mereka mengedukasi dengan tips JAGA, yakni (J) Jangan transfer uang ke siapa pun, (A) Amankan data usaha dan data pribadi seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll, (G) Gunakan fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda, dan (A) Adukan hal mencurigakan lewat menu Bantuan di aplikasi GoBiz.
 
Tips aman JAGA hindari penipuan mengatasnamakan Gojek (ANTARA/HO)

Baca juga: GoFood pelopori fitur ongkos parkir otomatis di aplikasi

Di era yang serba digital, berbagai modus penipuan oleh oknum semakin bervariasi. Sejumlah modus manipulasi psikologis (social engineering) yang paling umum digunakan di antaranya mulai dari menjanjikan akan membantu proses pendaftaran hingga iming-iming hadiah yang mengatasnamakan platform.

Pihak Gojek dan GoBiz tidak pernah meminta data pribadi dan sensitif seperti OTP, CVV, kode PIN, nama gadis ibu kandung dan lainnya. GoBiz juga tidak pernah menghubungi lewat telepon untuk meminta verifikasi data, serta tidak pernah meminta biaya apa pun untuk proses pendaftaran mitra GoFood.

Seluruh proses pendaftaran bisa dipantau secara transparan melalui layanan Daftar Mandiri di aplikasi khusus mitra usaha kuliner GoBiz, mulai dari registrasi, verifikasi, hingga aktivasi. Hal ini didorong guna meminimalisir upaya penipuan secara manual oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: GoFood solusi mitra UMKM bangkit dan tumbuhkan usaha

Edukasi mengenai pentingnya menjaga data pribadi dan sensitif pun secara terus menerus dilakukan. Beberapa inisiatif berupa konten kreatif di Instagram @gobizbygojek dan @gofoodpartners, email newsletter bagi mitra usaha, website resmi, WhatsApp resmi GoBiz (dengan centang hijau) informasi di aplikasi GoBiz, serta menjadi materi di wadah edukasi & berjejaring para mitra, Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).

Selain memperluas edukasi untuk meningkatkan kompetensi keamanan digital mitra usaha, Gojek juga secara konsisten terus mengembangkan sistem keamanannya, yakni dengan mengembangkan layanan Daftar Mandiri di aplikasi GoBiz, fitur Kelola Pegawai di aplikasi GoBiz, serta menu Bantuan.

Melalui upaya yang komprehensif ini, Gojek berharap lebih banyak lagi mitra usaha yang sukses mengembangkan bisnis, terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan GoBiz, dan merasa #AmanBersamaGojek.

Baca juga: GoSend perkuat inovasi di 2022, bantu genjot pendapatan mitra driver

Baca juga: Inovasi Gojek 2022, Gosend roda empat hingga Gosend multi-delivery

Baca juga: Pertama di Indonesia, GoFood gunakan robot layanan pesan antar makanan

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022