Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Forum Urban 20 (U20) mendorong pemangku kepentingan di G20 untuk bersama-sama menyediakan akses yang merata terhadap vaksin mengingat pandemi COVID-19 belum berakhir.

"U20 mengimbau Presidensi, seluruh 'Engagement Groups, Working Groups' dan pemangku kepentingan G20 untuk berkolaborasi dalam rangka menyediakan akses vaksin yang merata," kata Anies melalui akun instagram @aniesbaswedan di Jakarta, Kamis.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjadi Ketua Bersama (Co-Chair) U20 dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang rencananya pertemuan tersebut berlangsung pada Agustus 2022.

Selain soal vaksin, U20 juga mendorong percepatan aksi iklim dan memastikan transisi menuju ekonomi nol karbon untuk memberikan dampak positif yang maksimal, utamanya bagi warga yang tergolong rentan dan termarjinalkan, khususnya di wilayah urban.

"Jakarta berkomitmen dalam mendorong transisi menuju 'net zero emission' dengan memperkuat sistem transportasi massal sebagai tulang belakang wahana pergerakan warga Jakarta," katanya.

Baca juga: Anies usung enam isu perkotaan pada Forum Urban 20
Baca juga: Anies berharap KTT Youth 20 beri kesempatan pemuda jadi warga "dunia"


Di sisi lain, Anies menyebutkan, ketimpangan antarnegara semakin menipis, namun ketimpangan di dalam negara dan kota itu cenderung makin melebar.

"Ini adalah persoalan yang harus dicarikan solusi bersama dengan pemimpin wilayah kota dunia lainnya dalam Forum U20 mendatang," katanya.

Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan para gubernur, wali kota dan pemimpin wilayah di negara-negara anggota G20 atau Urban 20 sebagai agenda pendukung pertemuan puncak G20 di Bali, Oktober 2022.

Pertemuan para pemimpin kota dunia itu akan membahas tantangan perkotaan usai pandemi yang harus dihadapi kota-kota dunia, sejalan dengan tema Presidensi G20 Indonesia, "Recover Together, Recover Stronger".
Baca juga: Anies dan Ridwan Kamil bertemu bahas KTT Youth 20

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022