Makassar (ANTARA) - Ketua ICMI sekaligus Rektor IPB Prof Dr Arif Satria SP MS, membahas transformasi dan peran perguruan tinggi di Indonesia menyongsong satu abad kemerdekaan dalam kuliah umumnya di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Prof Satria menjelaskan, di era saat ini perguruan tinggi harus mampu melakukan gebrakan baru sebagai bagian menghadapi berbagai perubahan yang terjadi utamanya dalam tatanan perubahan iklim, revolusi industri 4.0 dan pandemi COVID-19.

Baca juga: Ketua ICMI berbagi kiat hadapi tiga disrupsi di Unismuh

Pada era normal baru, Prof Satria mengatakan terjadi pola perubahan ekonomi yang ditandai dengan banyak hal seperti agromaritim sebagai fokus pembangunan berkelanjutan hingga inovasi sebagai penggerak techno-sociopreneurship.

"Diperlukan strategi yang tepat untuk merespon berbagai perubahan dimana perlu diperkuat pada karakter dan integritas. Diperlukan mindset yang selalu mengarah pada masa depan," katanya.

Baca juga: BPKH perkuat komitmen pengelolaan keuangan haji dengan ICMI

"Ini penting karena memberikan pengaruh terhadap akademik. Di Indonesia, setidaknya kita mengenal tiga skenario yang dikembangkan perguruan tinggi yakni universitas riset dunia, kewirausahaan, dan kompetensi unggul," sambung Prof Satria.

Selain memberikan gambaran proses transformasi perguruan tinggi, Prof Satria juga menjelaskan mengenai pengembangan inovasi teknologi di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Baca juga: Bupati Bogor harap Ketum baru ICMI lahirkan gagasan inspiratif

Ia menjelaskan, IPB memiliki beberapa program strategis dengan melibatkan masyarakat sebagai komponen utama. Berbagai potensi sumber daya yang dikembangkan IPB selalu mengikutsertakan masyarakat melalui pendampingan.

Sementara Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, mengawali kegiatan, menyampaikan kegiatan ini sangat strategis untuk saling berbagi pengalaman dalam berbagai bidang dan memberikan manfaat secara akademik.

"IPB semakin sukses di bawah kepemimpinan Prof Satria yang bisa membawanya lari kencang. Tentu, ini menjadi salah satu wadah untuk saling bertukar cerita dan upaya strategis sesama perguruan tinggi untuk bisa memaksimalkan Tridarma sebagai amanah yang harus dilaksanakan," jelasnya.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022