Ini agar manfaat strategis ruas tol ini bisa dirasakan pemudik pada angkutan lebaran tahun ini.
Surabaya (ANTARA News) - PT Jasa Marga (JM) Tbk, berharap tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) seksi IA Waru-Sepanjang 2,3 km dapat beroperasi sebelum lebaran 2011.

"Ini agar manfaat strategis ruas tol ini bisa dirasakan pemudik pada angkutan lebaran tahun ini," kata Dirut PT Marga Nujyassumo Agung (MNA), Djadjat Sudrajat kepada pers di sela Kunjugan Kerja (Kunker) Komisi V DPR di Surabaya, Jumat.

PT MNA adalah anak perusahaan PT JM Tbk dengan kepemilikan saham PT JM Tbk 55 persen, PT Moeladi 25 persen dan PT Wijaya Karya Tbk 20 persen.

Perseroan ini adalah operator tol Sumo sepanjang 36,27 km yang menghubungkan kota Surabaya dan kota Mojokerto dan ruas ini terbagi menjadi V seksi.

Djadjat menjelaskan, pembangunan konstruksi seksi IA sudah selesai 100 persen dan sedang laik uji operasi. "Setelah itu uji coba dan diharapkan ijin operasi segera keluar juga dari BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian Pekerjaan Umum berikut tarifnya," katanya.

Jika ijin operasi dan tarifnya sudah keluar sebelum lebaran, lanjutnya, maka pemudik dari utara Surabaya yang hendak ke Bandara Juanda, langsung dari tol ke tol.

"Begitu pun bagi pengguna lalu lintas yang hendak ke Sidoarjo dan Gresik, tanpa harus keluar ke jalan arteri, tapi langsung dari tol ke tol," katanya.

Ia juga menjelaskan, tol Sumo secara keseluruhan ditargetkan selesai pada akhir 2012 dengan total investasi sebesar Rp3,2 triliun.

"Untuk seksi IA sebesar Rp450 miliar," katanya.

Pendanaan proyek ini, PT MNA mendapatkannya dari sindikasi bank nasional yakni Bank BNI, Bank BRI dan Bank Bukopin.

Sementara itu, total lahan yang dibebaskan untuk seluruh seksi sudah mencapai 60 persen dengan total dana Badan Layanan Umum Rp350 miliar dan sudah terserap Rp200 miliar.

PT MNA memilki masa konsesi untuk tol Sumo selama 42 tahun sejak 17 April 2007 dengan total lalu lintas harian sesuai studi, jika sudah beroperasi rata-rata sebanyak 15 ribu kendaraan.

(E008) (S004)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011