Ini lah masalah kita pada awal pembuka musim lalu. Kita harus tidak mengulang kesalahan itu lagi. Kita butuh semangat baru tim agar sukses dalam pertandingan panjang ini.
Berlin (ANTARA News/AFP) - Pemain bintang Bayern Munich Bastian Schweinsteiger menyatakan, Kamis, timnya harus lebih padu pada laga Sabtu di Wolfsburg, setelah minggu lalu mengalami kalah mengejutkan melawan Borussia Moenchengladbach pada pertandingan pembuka mereka musim ini.

Bayern kalah 0-1 di kandang sendiri dari tim yang terancam degradasi musim lalu dan lawan mereka meninggalkan Allianz Arena dengan memboyong kemenangan pertama mereka di Munich, sejak 1995.

Setelah merogoh kocek sebesar 40 juta euro musim panas lalu untuk membeli beberapa pemain--termasuk bintang penjaga gawang Jerman Manuel Neuer serta pemain bertahan Jerome Boateng, klub raksasa Bavarian itu tetap saja goyah pada laga awal mereka musim ini.

Tapi Schweinsteiger, yang menjalakan gol pertama Jerman ketika menang 3-2 atas Brazil pertengahan minggu ini, mengatakan Bayern harus lebih padu bila ingin menggoyang posisi juara bertahan Borussia Dortmund pada kompetisi Bundesliga musim ini.

"Kami harus bermain lebih padu sebagai satu kesatuan tim," kata pemain berusia 27 tahun itu, setelah Bayern gagal memperbaiki penampilan buruk mereka dan tidak meraih apa pun pada musim lalu.

"Ini lah masalah kita pada awal pembuka musim lalu. Kita harus tidak mengulang kesalahan itu lagi. Kita butuh semangat baru tim agar sukses dalam pertandingan panjang ini," katanya.

Kendati permainan perorangan tim itu sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi, tapi Bayern harus lebih membina kerja sama dengan pemain yang baru dikontrak seperti Neuer, Boateng dan pemain bertahan Rafinha, terlebih lagi Neuer dan Boateng membuat hal blunder sehingga `Gladbach` memiliki peluang mengalahkan mereka Minggu lalu.

Wolfsburg membuka kemenangan 3-0 musim ini atas Cologne, tetapi kemenangan Jerman atas Brazil akan menolong juara Jerman 2009, Bayern, kata pemain tengah Prancis, Franck Ribery.

"Ketika Anda sukses bermain dengan tim nasional, kemudian ada istirahat dua atau tiga hari, maka laga berikutnya menjadi amat fokus," kata Ribery.

"`Gladbach harus dilupakan, kini kami harus menang di Wolfsburg, itu yang lebih penting. Kami butuh tampil lebih agresif pada laga berikutnya," katanya.

Pemain tengah Wolfsburg yang sebelumnya main di Bayern Munich, Hasan Salihamidzic, akan menghadapi klub lamanya yang pernah digabunginya selama sembilan tahun, termasuk ketika mereka meraih gelar Liga Champions pada 2001.

"Saya amat takjub menghadapi pertandingan mendatang," kata pemain berusia 34 tahun dari Bosnia itu yang pindah ke Allgemeine Zeitung Wolfsburg setelah dikontrak dari Juventus musim panas lalu.

"Kalau saya mengatakan bahwa pertandingan mendatang normal saja, maka saya sudah menipu. Saya lama di Bayern tapi sekarang saya mengharapkan hasil yang paling baik bersama Wolfsburg," katanya.

"Mereka pasti amat tegang dan berada dalam tekanan karena harus memenangi pertandingan, sedangkan kami ingin mengalahkan mereka," katanya.

Juara bertahan Borussia Dortmund akan berkunjung ke Hoffenheim didukung pemain bintang Jerman Mario Goetze yang sedang dalam kondisi terbaiknya.

Jadwal pertandingan Sabtu :


Schalke 04 v Cologne, Hamburg v Hertha Berlin, Nuremberg v Hanover, Freiburg v Mainz 05, Hoffenheim v Borussia Dortmund, VfL Wolfsburg v Bayern Munich, Borussia M`gladbach v VfB Stuttgart


Jadwal pertandingan Minggu :

Kaiserslautern v Augsburg, Bayer Leverkusen v Werder Bremen.

(A008)(F005)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011