Klaten (ANTARA News) - Kepolisian Resor Klaten, Jawa Tengah akan kembali mengawal pemudik bersepeda motor pada arus Lebaran tahun ini, guna meningkatkan kualitas pengamanan terhadap mereka.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Klaten, AKP Yuswanto Ardi, di Klaten, Jumat, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan personil untuk melakukan hal itu.

"Biasanya kami melakukan pengawalan terhadap pemudik kendaraan sepeda motor yang datang secara rombongan dari sebuah perusahaan atau kelompok tertentu yang sebelumnya telah meminta fasilitas tersebut agar laju kendaraan mereka bisa lancar tanpa banyak halangan," katanya.

Meski demikian, pihaknya juga siap melakukan pengawalan terhadap rombongan pemudik bersepeda motor yang meminta pengawalan secara mendadak, mengingat keamanan para pemudik harus diperhatikan, terutama pengguna kendaraan sepeda motor yang rentan mengalami kecelakaan lalu lintas.

Menurutnya, adanya pengawalan akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan karena pengguna sepeda motor biasanya bergerak sesukanya memilih jalan sendiri hingga berpotensi membahayakan pengguna jalan lainnya.

Mekanisme pengawalan tersebut, kata dia, akan dilakukan dengan cara estafet dengan daerah lain, dan di kabupaten ini dilakukan ketika rombongan pemudik berkendaraan sepeda motor dari luar daerah mulai memasuki wilayah Klaten.

Misalnya saja rombongan pemudik yang datang dari arah Yogyakarta akan mulai mendapat pengawalan petugas kepolisian jika mereka memasuki wilayah Klaten di daerah Prambanan karena wilayah tersebut merupakan perbatasan Yogyakarta-Jawa Tengah.

Selain itu rombongan pemudik dari Solo juga akan mendapat pengawalan serupa saat memasuki wilayah Delanggu yang merupakan perbatasan Klaten-Sukoharjo.

"Pengawalan memang difokuskan untuk jalur Yogyakarta-Solo karena pada jalur ini volume kendaraan yang melintas sangat tinggi dibanding jalur lainnya di Klaten," tambah Ardi.

Diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 Lebaran, sehingga tiga hari sebelumnya pengawalan sudah mulai dilakukan oleh Polres Klaten.

Pada arus Lebaran kali ini, Satlantas Polres Klaten akan menambah personil sebanyak 80 orang petugas, dari personil yang sudah ada sebanyak 97 orang guna meningkatkan pengamanan pada musim mudik tahun ini.  (ANT)




Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011