Padang (ANTARA) - Perwakilan jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat mengunjungi rumah yang pada zamannya dahulu ditempati dua tokoh pers nasional, yakni Roehana Koeddoes (1884-1972) dan Adinegoro (1904-1967) dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu di Padang, Sabtu mengatakan, kegiatan ini merupakan anjangsana ke bekas rumah tokoh pers nasional yang dilakukan bersama jajaran Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat dan Diskominfo Sumbar.

"Kami datang ke bekas rumah Adinegoro di Talawi dan Roehana Koeddoes di Kabupaten Agam," kata dia.

Baca juga: Deretan Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021

Ia mengatakan, kepolisian bekerja sama dengan media dengan baik, sehingga kegiatan Polri dapat diketahui oleh masyarakat luas.

"Kami berangkat Sabtu (19/2) pagi ke Talawi dan bersilaturahmi dengan sejumlah pihak di sana, kemudian langsung ke rumah yang dulunya ditempati Roehana Koeddoes di Nagari Koto Gadang Kecamatan IV Koto, Agam.

Baca juga: Pewarta Foto ANTARA raih Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021

Ia mengatakan, Roehana Koeddoes diketahui sebagai wartawan wanita (wartawati) nasional pertama asal Sumatera Barat, dan juga merupakan tokoh pahlawan nasional.

Kunjungan ini dalam rangka anjang sana sebagai rasa hormat kepada tokoh pers yang berperan besar membuat pers Indonesia semakin baik.

Baca juga: Pendaftaran kompetisi jurnalistik Adinegoro resmi ditutup

"Kita patut menghormati. Saya merasa bangga bisa datang ke sini, karena saya kenal namanya (Rohana Kudus) saja tapi tidak tahu rumah yang dulu ditempatinya. Dan dengan ini kami bersama bisa datang ke bekas rumahnya," kata dia.

Ia mengatakan, Polda Sumbar bersama jajaran saling bersinergi dengan wartawan, sebagai pertanggungjawaban kinerja Polri kepada masyarakat.

"Kami bertiga kolaborasi dengan Pemprov dan PWI Sumbar untuk melaksanakan peringatan hari pers. Kami (Polda Sumbar) juga membuat perlombaan karya jurnalistik yang nantinya diumumkan pada tanggal 22 Februari 2022," kata dia.  ***3***

Baca juga: Menteri Bintang ajak generasi muda teladani Roehana Koeddoes
Baca juga: PWI Sumbar: Roehana Koeddoes jadi pahlawan nasional sudah tepat


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022