Untuk mendukung operasional pintu tol Kandis Utara tersebut, semua petugas dan fasilitas pendukung keluar masuknya kendaraan dari pintu Tol Permai sudah disiapkan. Begitu juga dengan pemasangan CCTV untuk mengawasi perilaku kendaraan
Pekanbaru (ANTARA) - Gerbang Tol Kandis Utara yang berada di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), Provinsi Riau, resmi dibuka oleh pengelola PT Hutama Karya pada Minggu pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

"Kami juga membagikan suvenir kepada 50 pengguna pertama yang masuk melalui Gerbang Tol Kandis Utara," kata Branch Manager Tol Permai Indrayana kepada ANTARA.

Indrayana mengatakan dibukanya gerbang tol Kandis Utara sudah sesuai dengan arahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui surat yang ditandatangani Kepala Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

"Untuk mendukung operasional pintu tol Kandis Utara tersebut, semua petugas dan fasilitas pendukung keluar masuknya kendaraan dari pintu Tol Permai sudah disiapkan. Begitu juga dengan pemasangan CCTV untuk mengawasi perilaku kendaraan," kata Indrayana.

Dikatakannya, kondisi Gerbang Tol pada hari pertama lancar tanpa kendala. Sebelumnya, pengoperasian Gerbang Tol Permai sempat tertunda karena masih terhalang oleh pembebasan lahan dan kini sudah bisa diselesaikan dan digunakan pengguna jalan tol.

Tol Pekanbaru-Dumai sendiri telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual pada 25 September 2020. Peresmian itu dilakukan dari Istana Kepresidenan Bogor dengan didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Jalan tol itu memiliki panjang 131 kilometer (km) yang terdiri dari enam seksi, yakni seksi 1 Pekanbaru - Minas sepanjang 9,5 km, seksi 2 Minas - Kandis Selatan sepanjang 24,1 km, seksi 3 Kandis Selatan-Kandis Utara panjang jalan 16,9 km, seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan panjang jalan 26,2 km, seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara sepanjang 29,45 km, dan seksi 6 Duri Utara-Dumai sepanjang 29,45 km.

Baca juga: Daerah jelajah gajah sekitar Tol Permai dihijaukan ribuan pohon buah

Baca juga: Presiden resmikan Tol Pekanbaru-Dumai, Jumat secara virtual

 

Pewarta: Vera Lusiana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022