Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI Muhammad Prakosa menyerahkan surat kepercayaan (Letter of Credence) kepada Presiden Republik Italia Sergio Mattarella di Istana Kepresidenan Italia Palazzo del Quirinale di Roma, Italia pada Jumat (18/2).

Muhammad Prakosa akan menjabat sebagai duta besar untuk Italia merangkap Malta, Siprus, San Marino serta beberapa organisasi internasional -- FAO, IFAD, WFP, dan UNIDORIT, demikian menurut keterangan KBRI Roma yang diterima di Jakarta, Senin.

Dalam acara penyerahan surat kepercayaan tersebut, Prakosa menyampaikan salam hangat dari Presiden RI Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia kepada Presiden Italia dan seluruh rakyat Italia.

Prakosa juga menyampaikan selamat atas pelantikan Presiden Sergio Mattarella untuk kedua kalinya pada awal Februari 2022.

Selanjutnya, Prakosa menyampaikan beberapa komitmennya untuk terus meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Italia dalam segala bidang.

Prakosa berkomitmen untuk meningkatkan intensitas hubungan bilateral; memperdalam serta memperluas diversifikasi hubungan perdagangan, investasi, dan pariwisata; memperkuat kerja sama sosial, budaya, dan pendidikan; serta meningkatkan kualitas perlindungan warga negara Indonesia melalui penguatan hubungan dengan otoritas Italia.

Dia juga menyampaikan tema Presidensi G20 Indonesia yaitu "Recover Together, Recover Stronger" dengan tiga isu prioritas, yakni arsitektur kesehatan global, transformasi digital dan transisi energi berkelanjutan.

Dalam pertemuan tête-à-tête (tatap muka) yang bersahabat dengan Prakosa, Presiden Italia Sergio Mattarella menyampaikan bahwa dia sangat kagum dan terkesan dengan keberagaman dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Selain itu, menurut Mattarella, Indonesia dan Italia juga memiliki hubungan ekonomi dan perdagangan yang baik.

Mattarella menyatakan kesiapan dan keterbukaaan Italia untuk senantiasa mendukung berbagai upaya penguatan hubungan kedua negara di segala bidang.

Acara penyerahan surat kepercayaan itu diawali dan diakhiri dengan penghormatan militer oleh prajurit kavaleri Italia di Istana Quirinale.

Baca juga: Kerja sama perdagangan Indonesia-Italia berpotensi meningkat
Baca juga: Dua pelukis Indonesia pamerkan karya di Italia
Baca juga: Awal 2022, Indonesia terima hampir sejuta vaksin Pfizer dari Italia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022