Sekarang ini ada 1.000 lebih pendonor sukarela siap dipanggil petugas PMI sehingga jika terjadi peningkatan permintaan darah dari pasien rumah sakit yang membutuhkan tambahan darah bisa dipenuhi dengan baik dan cepat
Palembang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang, Sumatera Selatan menyiapkan sebanyak 1.000 lebih pendonor sukarela untuk membantu pasien rumah sakit (RS) yang membutuhkan tambahan darah.

"Sekarang ini ada 1.000 lebih pendonor sukarela siap dipanggil petugas PMI, jumlah pendonor tersebut akan terus ditingkatkan sehingga jika terjadi peningkatan permintaan darah dari pasien rumah sakit yang membutuhkan tambahan darah bisa dipenuhi dengan baik dan cepat," kata Ketua PMI Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Senin.

Menurut dia, pendonor darah sukarela tersebut sewaktu-waktu siap dipanggil (on call) menyumbangkan darahnya kepada pasien rumah sakit atau masyarakat yang dalam kondisi darurat memerlukan segera tambahan darah.

Dengan adanya pendonor sukarela tersebut, kata dia, kebutuhan darah pasien rumah sakit di daerah berjuluk "Bumi Sriwijaya" itu setiap bulan sekitar 5.000 hingga 7.000 kantong bisa dipenuhi dengan baik.

Ia menjelaskan keberadaan pendonor darah siap dipanggil itu sangat membantu masyarakat yang menghadapi kesulitan mendapatkan donor darah golongan tertentu yang tidak bisa dipenuhi oleh keluarga atau teman-temannya.

Dalam kondisi darurat, kata dia, masyarakat bisa meminta bantuan dengan menghubungi pendonor yang sukarela memenuhi panggilan ke Unit Donor Darah PMI menyumbangkan darahnya untuk kepentingan kemanusiaan.

Pemanfaatan pendonor siap panggil itu merupakan langkah terakhir jika stok darah di PMI tidak tersedia dan keluarga pasien tidak bisa mendapatkan keluarga dan teman-temannya yang memiliki golongan darah sesuai dengan kebutuhan dan bisa diambil darahnya oleh petugas.

Permintaan darah semaksimal mungkin diupayakan bisa dipenuhi, karena jika pasien tidak bisa mendapatkan donor darah sesuai dengan kebutuhan pengobatannya bisa mengakibatkan pasien meninggal dunia akibat dokter tidak dapat melakukan tindakan medis secara maksimal, demikian Fitrianti Agustinda.

Baca juga: PMI Palembang mulai donorkan plasma darah dari penyintas COVID-19

Baca juga: PMI Palembang sulit siapkan stok plasma konvalesen

Baca juga: PMI Palembang Kehabisan Stok Darah

 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022