Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menpora Adhyaksa Dault akan memimpin pendakian puncak Mont Blanc di Eropa, Agustus-September 2011.

Ini adalah ekspedisi dua generasi (generasi muda dan tua) sambil mempromosikan Indonesia ke luar negeri.

Adhyaksa mengatakan, rombongan terdiri dari 11 orang, termasuk dua wartawan televisi, dengan komposisi lima orang berusia di atas 40 tahun.

"Saya 50-an, dan ada yang 54 tahun," katanya pada peluncuran Ekspedisi 2 Generasi, Promosi Indonesia Pada Puncak-Puncak Dunia, di Jakarta, Minggu, yang juga dihadiri ketua pembina kegiatan itu, Aburizal Bakrie.

Adhyaksa mengatakan rombongan pertama akan berangkat pada 19 Agustus, sementara dia akan berangkat pada 4 September.  Mereka diharapkan mencapai puncak gunung tertinggi di Eropa Barat itu pada 17 September 2011.

Adhyaksa menyebut biaya untuk ekspedisi itu sebesar Rp1 miliar. "Yang mahal adalah peralatan. Oleh sebab itu kegiatan ini disponsori pembina kami dan yang lainnya," katanya.

Pada tahun depan, kata Adhyaksa, ia berencana mendaki Himalaya.

Mont Blanc di pegunungan Alpen Eropa adalah gunung tertinggi di Eropa Barat. Dengan ketinggian sekitar 4.810 meter (15.780 kaki).

Mont Blanc terletak di sebagian wilayah Perancis dan wilayah Italia, akan tetapi Prancis bersikeras menyatakan bahwa puncak gunung ini berada di dalam wilayahnya.

Mont Blanc pertama kali didaki pada 8 Agustus 1786 oleh Jacques Balmat dan Michel Paccard, sedangkan wanita pertama yang mencapai puncaknya adalah Marie Paradis pada 1808.(*)

U002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011