Surabaya (ANTARA) - PT PAL Indonesia resmi menyerahterimakan Kapal Selam KRI Cakra-401 yang telah selesai melakukan overhaul (turun mesin) dan dinyatakan sukses di tahap Commodore Inspection (inspeksi komodor) pada 22 November 2021 kepada Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI.

CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod di Surabaya, Senin, mengatakan penyerahan kepada Kemhan diwakili Dirjen Kuathan Kemhan RI, Laksda TNI Bambang Irwanto di Gedung PIP lantai 4 Surabaya, dan dihadiri jajaran BoD dan BoC PAL, para pemangku kepentingan dari Mabes TNI AL dan Koarmada II.

"Overhaul kapal selam ini memiliki nilai yang sangat strategis bagi PT PAL, karena situasi pandemi COVID-19 memaksa PAL untuk melakukan overhaul secara mandiri. Hal ini menjadi berkah bagi PT PAL, karena diberi kesempatan untuk memiliki pengalaman setara 35 persen, seperti membangun kapal selam baru," katanya.
Baca juga: PAL Indonesia rampungkan uji coba penyelaman KRI Cakra-401

Dengan keberhasilan overhaul ini, kata dia, PT PAL Indonesia setidaknya sudah menguasai 65 persen proses pembangunan kapal selam baru, dari desain maupun penguasaan teknologinya.

Dirjen Kuathan Kemhan RI, Laksda TNI Bambang Irwanto mengatakan, overhaul yang dilakukan di PT PAL ini tidak hanya bernilai dari aspek ekonomi, namun juga pada aspek pertahanan.

Sesuai dengan UU No 23 tahun 2019, dikatakan ada tiga komponen pemberdayaan wilayah pertahanan negara, yakni komponen utama (TNI), komponen cadangan, komponen pendukung (para mitra).

"TNI bertugas membina mitra untuk mampu meningkatkan kesiapsiagaan alutsista, dan kesempatan ini menjadi hal yang strategis, terkait kemitraan antara Kemhan dengan PT PAL sebagai mitra dalam menyiapkan alutsista pertahanan," katanya.

Baca juga: TNI AL dorong percepatan penyelesaian Kapal Selam KRI Cakra-401

Sebelumnya, kapal selam KRI Cakra-401 juga telah melakukan serangkaian uji coba (HAT & SAT) dan Commodore Inspection untuk meninjau kesesuaian dan kelaikan hasil dari overhaul atau perbaikan menyeluruh pada kapal selam KRI Cakra-401 sesuai yang diamanatkan dalam kontrak.

Proses overhaul kapal selam KRI Cakra-401 juga telah menjadi momentum penting bagi PT PAL Indonesia, dan dengan hasil yang dinilai laik dan memuaskan bagi user, menjadi bukti kapabilitas PAL dalam penguasaan teknologi kapal selam telah mengalami peningkatan yang signifikan.

Sementara itu, usai penandatanganan berita acara serah terima operasional overhaul KRI Cakra-401, kemudian kapal selam selanjutnya akan bermarkas di satuan kapal selam (satsel) Koarmada II.

Baca juga: Alugoro-405, "senjata penyelam" terbaru RI

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022