Sejak 2013, PT Pertamina telah menugaskan PT PAL Indonesia untuk melakukan MRO rutin setiap 5 tahun pada unit-unit SPM milik mereka. Dengan konsistensi selama bertahun-tahun, PT PAL Indonesia berhasil menjaga performa SPM Shafti agar tetap optimal da
Surabaya (ANTARA) - PT PAL Indonesia memastikan pasokan avtur di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) aman menjelang Lebaran 2024 menyusul saat ini pihaknya melakukan Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) pada Single Point Mooring (SPM) milik PT Pertamina Patra Niaga.

SPM memiliki peran krusial dalam proses pendistribusian avtur dari kapal tanker menuju storage tank di seluruh bandara Indonesia.

"Sejak 2013, PT Pertamina telah menugaskan PT PAL Indonesia untuk melakukan MRO rutin setiap 5 tahun pada unit-unit SPM milik mereka. Dengan konsistensi selama bertahun-tahun, PT PAL Indonesia berhasil menjaga performa SPM Shafti agar tetap optimal dalam pendistribusian avtur," kata GM Harkan dalam keterangan tertulis di Surabaya, Kamis.

Ia mengemukakan, setiap unit SPM Shafti memilik bobot sekitar 35.000 ton dan berbagai dimensi yang terukur dan selama proses MRO, dilakukan berbagai tindakan seperti replating, pengecatan ulang, overhaul MRB, penggantian piping system, dan program MRO lainnya, yang berlangsung selama kurang lebih 90 hari.

"Terlebih PT PAL juga melakukan pemasangan SPM temporary di berbagai titik di laut Jakarta untuk memastikan pasokan avtur menuju Bandara Internasional Cengkareng tetap stabil," ujarnya.

Selain melakukan MRO, kata dia, PT PAL juga memastikan setiap unit SPM Shafti siap untuk kembali beroperasi sesuai dengan regulasi dan tersertifikasi dari biro klasifikasi guna memastikan setiap unit SPM memenuhi standar keamanan sandar tanker dan layak digunakan kembali secara optimal.

"Dengan demikian, PT PAL Indonesia tidak hanya memegang peran penting dalam pertahanan negara di bidang Industri alutsista matra laut, tetapi juga dalam distribusi energi dengan penguasaan teknologi pengadaan dan perbaikan Single Point Mooring di Indonesia," katanya.

Setelah rangkaian proses MRO diselesaikan, lanjut dia, masing-masing unit SPM secara bertahap akan dikirim kembali ke Cengkareng untuk menjaga distribusi avtur tetap stabil menjelang libur Lebaran 2024.

Baca juga: PT PAL Indonesia kebut perbaikan kapal komersil untuk mudik lebaran
Baca juga: PAL pastikan kapal PELNI prima melayani kebutuhan logistik Ramadhan
Baca juga: PT PAL targetkan raih nilai kontrak Rp60 Triliun hingga akhir 2024

 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024