Los Angeles (ANTARA News) - Prekuel franchise film terkenal Hollywood mengenai kera telah berhasil mempertahankan posisi Nomor 1 di box office Amerika Utara akhir pekan lalu, sementara satu drama mengenai hubungan ras dibuka di posisi kedua dengan penampilan lunak.

"Rise Of The Planet Of The Apes", pembuatan-ulang film klasik 1968 "Planet of the Apes" --yang berkisah tentang bagaimana primata yang lebih rendah mulai berevolusi dan mengambil alih Bumi dari manusia, diproyeksikan meraup 27,5 juta dolar AS dari Jumat sampai Minggu (14/8).

Film tersebut diluncurkan 10 hari sebelumnya, kata pengelola box office Amerika Utara, Hollywood.com.

Film aksi sain-fiksi 20th Century Fox itu, yang dibintangi James Franco, Andy Serkis dan Freida Pinto, diperkirakan bakal mengantungi penghasilan total 104,9 juta dolar AS selama dua pekan.

Sementara itu salah satu dari empat film yang diluncurkan di Amerika Serikat dan Kanada pada akhir pekan, "The Help", meraih 25,5 juta dolar AS pada akhir pekan dan lebih dari 35 juta dolar AS sejak diluncurkan Rabu di 2.534 tempat di Amerika Utara.

Film komedi-drama dengan anggaran kecil tersebut --yang dilandasi atas novel kondang karya Kathryn Stockett 2009 tentang seorang perempuan muda kulit putih, Skeeter Phelan, dan hubungannya dengan dua pembantu berkulit hitam selama era Civil Rights di Amerika pada awal 1960-an-- menjadi debut penyutradaraan Tate Taylor.

Film tersebut menampilkan Emma Stone, Mike Vogel dan Bryce Dallas Howard dan dibuat dengan anggaran hanya 25 juta dolar AS, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin.

Aggregator kajian Rotten Tomatoes melaporkan 73 persen dari 122 pengeritik profesional memberi film itu kajian positif. Penonton memberinya nilai A+, kata CinemaScore.

Persis seperti film yang berpusat pada hubungan antarras seperti peraih Academy Award "Driving Miss Daisy", "The Help" sebelumnya diperkirakan banyak kalangan akan tampil menawan banyak penonton di seluruh negeri itu, dan tampaknya bakal memiliki tempat di Academy Award.

"Driving Miss Daisy" mengantungi sebanyak 100 juta dolar AS di Amerika Utara dan meraih empat Academy Award termasuk Best Picture di Academy Award Ke-62 pada 1989.

"Final Destination 5", thriller 3-D mengenai franchise "Final Destination" yang diluncurkan oleh New Line Cinema, pertama kali ditayangkan di tempat ketiga, dengan perkiraan pemasukan 18,4 juta dolar AS.

"The Smurfs" film 3-D keluarga yang diluncurkan oleh COlumbia Pictures, bercokol di tempat keempat, dengan pendapatan 13,5 juta dolar AS dan selama tiga pekan meraup 101,5 juta dolar AS. Itu adalah film cangkokan aksi-langsung/CGI yang diproduksi oleh Sony Pictures Animation.

Film aksi-komedi Sony dengan kategori Dewasa "30 Minutes or Less" menduduki posisi ke-5 dengan penghasilan 13 juta dolar AS dalam debutnya. Itu adalah film komedia ketujuh dengan kategori Dewasa yang masuk box office pada musim panas tahun ini.

Film tersebut menjadi kendaraan bagi Jesse Eisenberg --"The Social Network"-- yang memerankan pengantar pizza yang di dadanya dipasangi bom dan dipaksa merampok bank.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011