Berlin (ANTARA News/AFP) - Mantan kapten tim Jerman Michael Ballack memimpin Bayer Leverkusen meraih kemenangan pertama musim ini, Minggu, saat gol menjelang akhir dari pemain tengah asal Ceko Michal Kadlec memastikan kemenangan di kandang 1-0 atas Werder Bremen.

"Runner-up" liga Jerman musim lalu itu mengalami masa sulit belakangan ini, menyia-nyiakan keunggulan 3-0 di kandang tim divisi dua Dynamo Dresden dalam Piala Jerman dua pekan lalu yang berakhir dengan kekalahan 3-4.

Mereka kemudian kalah 0-2 di kandang Mainz akhir pekan lalu, pada akhir pekan pertama musim kompetisi Bundesliga.

Kerugian lainnya, penjaga gawang Fabian Giefer -- yang dimasukkan menggantikan kiper Jerman Rene Adler yang cedera -- gegar otak parah di Mainz yang membuatnya menderita kehilangan memori sepenuhnya.

Pelatih Leverkusen Robin Dutt terpaksa memasukkan kiper remaja Bernd Leno dari VfB Stuttgart untuk menutupi kondisi darurat tersebut, dan pemain berusia 19 tahun itu menjalankan tugasnya sebelum gol kemenangan Kadlec pada menit ke-85 memberi kemenangan bagi timnya.

Ballack menjadi kapten Leverkusen selama 83 menit sebelum ia digantikan oleh kapten reguler Bayer Simon Rolfes yang memberi umpan akhir bagi Kadlec sebelum mencetak gol dua menit setelah masuk lapangan.

"Penting bagi tim untuk kembali meraih kemenangan, karena sukses membuat kerja lebih mudah," kata Dutt.

"Michael sendiri yang minta diganti dan ia mendapatkan haknya setelah penampilan yang bagus.

"Kami mendapat solusi yang sempurna untuk situasi ini: Michael memimpin dari depan dan Simon menyiapkan gol."

Sebelumnya, tim yang baru mendapat promosi Augsburg bermain imbang 1-1 di kandang Kaiserslautern untuk memetik hasil imbang keduanya musim ini.

Pada Sabtu, juara bertahan Borussia Dortmund mengalami kekalahan 0-1 di kadang Hoffenheim sementara pelatih Wolfsburg Felix Magath meminta diperkenalkan tayangan ulang melalui video untuk memperbaiki kesalahan wasit setelah timnya kalah dari Bayern Munich.

Hoffenheim unggul lebih dulu ketika striker Bosnia Sejad Salihovic menyarangkan tendangan bebas saat waktu baru menunjukkan sembilan menit.

Setelah mengalahkan Hamburg 3-1 akhir pekan lalu, Dortmund tidak menunjukkan kepercayaan diri yang mamastikan kemenangan itu kendati Jurgen Klopp kembali mengubah gelandang serangnya dengan tiga pergantian pada babak kedua.

Setelah dikejutkan Borussia Moenchengladbach saat bermain di kandang akhir pekan lalu, Bayern meraih kemenangan pertama saat pemain tengah asal Brazil Luiz Gustavo mencetak gol pada menit ke-91 di kandang juara 2009 VfL Wolfsburg.

Playmaker asal Prancis Franck Ribery menyiapkan umpan terakhir dan Gustavo menusukkan tembakannya ke sudut kiri atas gawang untuk membuat Wolves patah hati.

Wolfsburg menyarangkan bola ke gawang Munich pada babak pertama, berkat sundulan mantan striker Jerman Patrick Helmes, tetapi usahanya itu dinyatakan offside, yang memicu Magath untuk meminta tayangan video wasit.

"Jika wasit anda tidak mampu menetapkan situasinya dengan sepatutnya, maka sekarang waktunya untuk menayangkan wasit," kata Magath setelah tayangan ulang menunjukkan Helmes tidak offside.

Schalke 04 bangkit kembali dari kekalahan Sabtu lalu di kandang VfB Stuttgart dengan kemenangan mengesankan 5-1 di kandang sendiri melawan Cologne saat striker asal Belanda Klaas-Jan Huntelaar mencetak hatrik.

Hanover dan Mainz keduanya memetik kemenangan kedua mereka musim ini.

Hanover -- yang menjamu Sevilla pada play-off Liga Europa, Kamis -- meraih kemenangan 2-1 atas Nuremberg, sementara Mainz menikmati kemenangan 2-1 atas Freiburg untuk naik ke puncak klasemen sementara berdasarkan selisih gol.

Hertha Berlin memperoleh satu poin dalam pertandingan yang berakhir imbang 2-2 di Hamburg.

VfB Stuttgart dan 10 pemain Borussia Moenchengladbach berbagi poin pada Sabtu malam.

`Gladbach harus kehilangan pemain belakang Roel Brouwers yang diusir dari lapangan karena mendapat kartu kuning kedua sementara pemain belakang asal Belgia Filip Daems menyarangkan bola melalui tendangan penalti pada babak kedua bagi tim tuan rumah sebelum pemain Stuttgart Cacau menyamakan kedudukan.

(F005) (A023)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011