Jakarta (ANTARA) - China akan lebih mengoptimalkan daftar barang retail impor untuk perdagangan elektronik (e-commerce) lintas perbatasan mulai 1 Maret 2022, seperti disampaikan Kementerian Keuangan China.

Sebanyak 29 kategori produk akan ditambahkan ke daftar itu, termasuk peralatan ski, jus tomat, dan peralatan golf, menurut pernyataan yang dirilis bersama oleh kementerian tersebut dan tujuh departemen lainnya.

Semua barang yang termasuk dalam daftar itu sangat diminati oleh konsumen dalam beberapa tahun terakhir, kata Gao Lingyun, seorang peneliti di Akademi Ilmu Sosial China.

"Penyesuaian tersebut dapat memperkaya pasokan pasar domestik, memenuhi aspirasi konsumen untuk kehidupan yang lebih baik, serta memberikan lebih banyak peluang bagi perusahaan luar negeri," ujar Gao.

Daftar tersebut dikeluarkan pada April 2016 lalu dan telah beberapa kali dioptimalkan, dengan kategori komoditas yang terus meningkat, yang membantu mempromosikan pengembangan e-commerce lintas perbatasan dan perdagangan berkualitas tinggi, kata Tian Guofeng, Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Perdagangan Jasa China.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022