Sebagian besar warga lebih memilih tetap di rumah guna menjaga harga bendanya walaupun dilanda banjir setinggi sekitar 50 cm
Jayapura (ANTARA) - Sekurangnya 50 rumah warga yang berlokasi di kawasan BTN Darsua, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Selasa dini hari terendam banjir akibat hujan deras .

Kepala Kantor SAR Jayapura Sunarto di Jayapura, Selasa menjelaskan bahwa awalnya sekitar pukul 01.20 WIT, seorang warga BTN Darsua, yakni Salmon menelpon dan melaporkan adanya seorang wanita bersama anak bayinya berada di dalam rumah yang terkena banjir.

Dari laporan tersebut kemudian anggota SAR dengan membawa berbagai perlengkapan termasuk perahu karet ke lokasi banjir dan melakukan evakuasi terhadap korban.

Selain di BTN Darsua, pihaknya juga memantau kondisi di sekitar Kampung Kehiran, namun tidak ada korban jiwa dalam insiden itu dan sebanyak 19 orang dievakuasi, terutama ibu dan anak.

"Sebagian besar warga lebih memilih tetap di rumah guna menjaga harga bendanya walaupun dilanda banjir setinggi sekitar 50 cm," kata Sunarto.

Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid mengakui, banjir sempat melanda sejumlah kawasan yakni di sekitar Pasar Youtefa dan Dok IX serta Hamadi Rawa.

Banjir terjadi akibat hujan yang turun sejak Senin (21/2) malam, namun saat ini air sudah menyurut walaupun sebelumnya sempat setinggi paha orang dewasa.


Baca juga: 240 Rumah warga di Nimbokrang, Kabupaten Jayapura terendam banjir

Baca juga: PMI Papua berikan promkes untuk pengungsi banjir bandang Sentani

Baca juga: PUPR percepat rekonstruksi dampak banjir bandang di Kabupaten Jayapura

Baca juga: Pengungsi banjir bandang di Kabupaten Jayapura mencapai 9.691 orang

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022