Los Angeles (ANTARA News) - Kapten tim Irlandia Robbie Keane yang berlaga internasional (cap) 108 kali dengan rekor mencipta 51 gol untuk negaranya, bergabung dengan LA Galaxy dari Tottenham Hotspur, demikian diumumkan tim MLS itu, Senin.

Rincian keuangan tentang transfer itu tidak diungkapkan, tetapi media Inggris melaporkan striker berusia 31 tahun itu akan mengikat kerja sama selama dua tahun dengan nilai 3,5 juta pound (5,7 juta dolar).

"Saya senang dan merasa terhormat serta takjub dapat bergabung dengan LA Galaxy," kata Keane dalam laman resmi klub itu (www.galaxy.com).

"Saya selalu ingin bermain bersama MLS dan sekarang saya mendapatkannya, ini merupakan mimpi yang jadi kenyataan," katanya.

"Ketika David Beckham datang dan latihan baru-baru ini di Spurs, ia tidak berbicara banyak tentang Galaxy, pendukung mereka serta tentang liga itu secara umum. Saya sudah tidak sabar ingin mengetahui dan merasakannya," katanya.

Pemain dari Irlandia itu, selama ini dilirik beberapa klub, setelah sebelumnya mengawali permainannya bersama Wolverhampton Wanderers ketika berusia 17 tahun, sebelum pindah ke Coventry City, dengan rekor transfer untuk pemain remaja, kemudian gabung lagi dengan Inter Milan dan Leeds United.

"Robbie Keane merupakan tambahan pemain hebat dalam klub kami. Saya mengikuti perjalanan karirnya dan selalu menghormati kemampuannya sebagai pemain dan sebagai pencipta gol," kata pelatih Galaxy Bruce Arena.

"Saya yakin ia akan membawa inspirasi dan membuat tim menjadi lebih bermutu di dalam dan luar area penalti," katanya.

Keane meninggakan Spurs setelah dua musim bersama klub London itu, setelah mencetak 123 gol dalam 306 pertandingan dalam semua kompetisi, seperti disiarkan dalam laman klub (www.tottenhamhotspur.com).

Enam tahun pertamanya, termasuk ketika memenangi Piala Liga, berakhir dengan kepindahan senilai 30 juta dolar ke Liverpool pada Juli 2008, tetapi kembali lagi tujuh bulan kemudian.

Pada masa penampilan kedua bersama tim itu, Keane, yang mendukung Irlandia pada Piala Dunia 2002, berjuang keras pada masa awalnya sampai akhirnya disewakan ke Celtic dan West Ham United.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011