Hong Kong (ANTARA) - Dolar berada di posisi terdepan terhadap mata uang safe-haven yen Jepang dan franc Swiss di perdagangan Asia pada Rabu pagi, karena pasar tampaknya dapat menangani perkembangan terbaru di sekitar Ukraina, meskipun kegugupan yang meningkat membuat sebagian besar pasangan mata uang utama cukup tenang.

Jauh dari ancaman invasi Rusia skala penuh ke Ukraina, dolar Selandia Baru melonjak 0,44 persen setelah bank sentral negara itu, Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) menaikkan suku bunga, dan mengatakan pengetatan lebih lanjut mungkin diperlukan.

Satu dolar AS bernilai 115,03 yen di awal perdagangan Asia, dengan greenback terus naik semalam dari level terendah hampir tiga minggu di 114,48 yang dicapai Senin (21/2/2022), dan pada 0,9210 franc, setelah reli 0,63 persen semalam.

Kedua aset safe haven itu telah naik selama seminggu terakhir karena meningkatnya ketegangan di Ukraina membuat investor mencari keamanan.

Baca juga: Mata uang "safe-haven" menguat saat ketegangan Rusia-Ukraina meningkat

Ketegangan mencapai titik krisis minggu ini ketika Rusia memerintahkan pasukannya ke wilayah separatis di Ukraina timur, negara-negara Barat menanggapi dengan sanksi, dan mengancam akan melangkah lebih jauh jika Moskow melancarkan invasi habis-habisan ke tetangganya.

Namun, euro relatif tidak terpengaruh, dan terakhir di 1,1331 dolar, sedikit lebih tinggi di awal Asia, setelah diperdagangkan berombak minggu ini, tetapi tanpa menemukan arah yang jelas.

Sterling stabil di 1,35890 dolar, dan meninggalkan indeks dolar, yang melacak greenback terhadap enam mata uang utama lainnya di 96,026, hampir tidak berubah minggu ini.

Baca juga: Dolar terangkat oleh aliran "safe-haven" dan ekspektasi kebijakan Fed

"Ketegangan Rusia-Ukraina tetap menjadi perhatian utama," kata analis di CBA dalam catatan pagi kepada klien, tetapi mereka menambahkan "reaksi pasar sejauh ini moderat karena tindakan Rusia, Eropa, dan AS telah diisyaratkan untuk beberapa waktu."

Tingginya harga energi, sebagian akibat situasi di Ukraina, dan komoditas lainnya membantu dolar Australia naik menjadi 0,7235 dolar AS pada hari Rabu, tertinggi dalam hampir dua minggu.

Minyak naik menjadi hampir 100 dolar AS per barel pada Selasa di tengah kekhawatiran krisis Ukraina dapat menyebabkan gangguan pasokan, dan mencapai level tertinggi sejak 2014.

Harga yang lebih tinggi ini juga berdampak di Eropa dan dolar jatuh 1,3 persen terhadap krona Norwegia pada Selasa (22/2/2022).

Di bidang moneter global, RBNZ mengingatkan investor bahwa kebijakan bank sentral masih menjadi faktor utama dalam mata uang.

Sementara kenaikan 25 basis poin, kenaikan ketiga berturut-turut, secara luas diperkirakan, bank sentral mengatakan pengetatan lebih lanjut akan diperlukan, dan bersedia untuk menaikkan suku bunga dengan kenaikan yang lebih besar di masa depan jika perlu.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022