sangat senang melihat semangat para peserta kegiatan itu. Mereka tidak mempedulikan panasnya terik matahari...
Denpasar (ANTARA News) - Bukan cuma warga kita saja yang antusias mengikuti upacara peringatan hari kemerdekaan ke-66 Indonesia di Sanur, Bali; karena sejumlah besar wisatawan mancanegara juga mengalami hal sama padahal matahari bersinar sangat terik.

Upacara pengibaran Bendera Merah-Putih itu dilakukan di lapangan Yayasan Pembangunan Sanur, Rabu.

Para turis itu juga tidak ragu dan malu-malu berbaur dengan puluhan masyarakat sekitar yang ingin menyaksikan rangkaian peringatan detik-detik proklamasi bangsa tersebut.

Mereka begitu bersemangat untuk mengabadikan setiap rangkaian upacara yang diikuti kalangan pelajar, pendidik, veteran, aparat keamanan dan tokoh masyarakat tersebut.

"Saya sangat senang melihat semangat para peserta kegiatan itu. Mereka tidak mempedulikan panasnya terik matahari," kata Jeff Cardinale, wisatawan asal Australia. Masih ada banyak lagi turis lain yang kelakuan dan tanggapannya serupa dengan Cardinale saat mengikuti prosesi upacara dan acara ikutan lain.

Menurut dia, dirinya jarang melihat peristiwa seperti tersebut sehingga dirinya tidak mau membuang kesempatan itu dan mengabadikannya melalui kamera foto yang dibawanya.

Hal yang paling berkesan baginya ketika melihat anak-anak kecil berusaha memanjat pohon pinang untuk meraih hadiah yang ada di atas.

"Mereka begitu ceria dan bersemangat untuk bisa meraih puncak pohon, tidak peduli capek dan beberapa kali harus terjatuh," ujarnya. Gelak tawa Cardinale, sebagaimana turis-turis lain, sering terdengar mengikuti tingkah polah dan ekspresi peserta panjat pinang yang memang tidak mudah untuk dilakukan.

Ketua Umum Yayasan Pembangunan Sanur, Ida Bagus Gede Sidharta, mengatakan, sebelum puncak peringatan Hari Kemerdekaan, sebelumnya pada Selasa (16/8) malam dilaksanakan pula pawai obor yang diikuti masyarakat Sanur.

"Tujuan peringatan ini adalah untuk lebih mempererat rasa persatuan dan kebersamaan di kalangan warga di wilayah ini, sehingga dengan semangat kebersamaan dapat terus meningkatkan kualitas pembangunan serta kesejahteraan bagi semua pihak," katanya.

Dia berharap ada makna yang bisa diserap dan dihayati oleh semua pihak, terutama kalangan generasi muda di wilayah objek wisata tersebut. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011