Jakarta (ANTARA) - Instagram rupanya tidak menghilangkan opsi pengingat harian di bawah 30 menit dan pengguna tetap bisa mengakses fitur pengingat harian di bawah 30 menit melalui "Take a Break".

Baca juga: Lebih dekat dengan fitur Facebook Reels yang baru dirilis

"Fitur Pengingat untuk Istirahat (Take a Break) bertujuan untuk membantu pengguna dalam membuat keputusan yang tepat saat menghabiskan waktu mereka di Instagram. Jika seseorang telah menggulir dalam jangka waktu tertentu, kami akan meminta mereka untuk beristirahat dan menyarankan agar mereka mengatur pengingat untuk melakukannya di masa mendatang," ujar perwakilan Instagram dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Hal itu menjawab pemberitaan sebelumnya terkait penghapusan durasi minimal untuk pengingat harian di aplikasi milik Instagram.

Fitur "Take a Break" di Instagram terbilang baru karena diluncurkan di awal Februari 2022, dan apabila diaktifkan oleh penggunanya maka secara otomatis akan ada notifikasi kepada pengguna bahwa ia telah melewati batas pemakaian harian yang sudah ditetapkan saat fitur itu diaktifkan.

Notifikasi akan muncul sesuai dengan durasi yang sudah ditetapkan oleh pengguna, ada tiga pilihan durasi yaitu 10 menit, 20 menit, dan 30 menit.

Untuk mengaktifkan fitur "Take a Break" anda bisa mengikuti langkah- langkah berikut:
  1. Buka Aplikasi Instagram
  2. Buka profil Anda
  3. Ketuk tiga garis di pojok kanan atas profil Anda
  4. Pilih menu Waktu
  5. Pilih Atur Pengingat untuk Istirahat
  6. Anda dapat mengatur pengingat untuk Istirahat untuk 10 menit, 20 menit, hingga 30 menit
  7. Ketuk selesai untuk mengaktifkan waktu pengingat yang telah dipilih

Sama seperti fitur "Take A Break", fitur "Daily Time Limit" atau fitur Pengingat Harian juga berasal di tab yang sama dan tetap dapat digunakan oleh pengguna Instagram.

Fitur itu akan memberi tahu pengguna jumlah waktu yang dihabiskan pengguna di Instagram setiap harinya.

Tidak hanya itu, fitur tersebut menawarkan kemampuan untuk mematikan notifikasi dari layanan media sosial berbagi foto dan video itu.


Baca juga: Adopsi gaya TikTok, YouTube hadirkan fitur siaran langsung "Live Ring"

Baca juga: Instagram hilangkan opsi pengingat harian di bawah 30 menit

Baca juga: Meta tuntut penipu Nigeria di Instagram dan Facebook

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022