Apabila ada hasil lebih dibagikan juga kepada kader pengumpul sampah
Jakarta (ANTARA) - Bank Sampah Nasi Rames (Nasionalisme, Ramah, Aman, Emansipasi, dan Sosial) RW 01 Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur,  berhasil mengumpulkan sebanyak 266 kilogram sampah dari warga dalam dua minggu ini.

Ketua RW 01 Kelurahan Rawa Bunga, Dwi Lestari, mengatakan nantinya sampah yang telah dikumpulkan tersebut akan dijual sesuai jenisnya.

"Sampah ini kita pilah-pilah bersama Satpel Lingkungan Hidup Kecamatan Jatinegara, dan kami jual sesuai dengan jenis sampahnya," Kata Dwi Lestari di Jakarta, Rabu.

Dwi menambahkan sampah-sampah yang dikumpulkan oleh warganya itu bermacam-macam seperti  botol plastik, kardus, kertas, dan lain-lain.

Setiap jenis sampah, kata Dwi, memiliki nilai rupiah yang berbeda. Dia mengatakan penyetoran sampah tersebut dikoordinasikan dengan jajaran Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur.

Lebih lanjut, Dwi mengatakan nantinya hasil penjualan sampah digunakan untuk kebutuhan bank sampah yang dikelola bersama kader. Apabila ada hasil lebih dibagikan juga kepada kader pengumpul sampah di RW 01 ini. 

"Pengumpulan sampah ini kita jalankan setiap dua minggu sekali," ujar Dwi.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan adanya gerakan menumbuhkan kesadaran masyarakat mengelola sampah, baik dilakukan dari diri sendiri maupun melalui kolaborasi untuk mengurangi volume sampah.

“Gerakan itu artinya kepemilikan atas masalah ada pada semua pihak dan semua pihak dipanggil untuk terlibat, terpanggil untuk berbuat,” kata Anies.

Menurut dia, apabila dari hulu, residu atau sampah terkelola maka volume sampah dapat dikurangi sehingga pengelolaannya menjadi lebih mudah.

Ia menyampaikan apresiasi kepada para aktivitas dan sejumlah lembaga yang ikut terlibat membangun kesadaran dan kebiasaan baru untuk memilah sampah dari rumah tangga, hingga pengangkutan sampah berdasarkan jenis sampah.
Baca juga: Pemkot Jakarta Selatan targetkan kurangi 345 ton sampah per hari
Baca juga: Sekolah pelaksana PTM di Jakarta Barat ikuti program bank sampah
Baca juga: Pertamina hadirkan Bengkel Sampah Tukar Oli di Jakarta Utara

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022