Itu karena kita punya tanggung jawab mewariskan bumi saat ini kepada generasi anak saat ini,
Jakarta (ANTARA) -
Wahana Visi Indonesia mengingatkan semua pihak mulai dari pemerintah hingga masyarakat perlu mengambil peran dalam mengelola sampah, agar memiliki nilai ekonomis dan menjadi material yang tidak membahayakan lingkungan hidup.
 
"Itu karena kita punya tanggung jawab mewariskan bumi saat ini kepada generasi anak saat ini," kata Director of Humanitarian and Emergency Affairs Wahana Visi Indonesia Yacobus Runtuwene saat membuka diskusi daring bertajuk "Trash to Treasure: Turning Waste into Resources for Sustainable Future" sebagaimana dipantau di Jakarta, Kamis.
 
Sejalan dengan itu Yacobus menyampaikan salah satu bentuk peran Wahana Visi Indonesia dalam mengajak semua pihak terlibat mengelola sampah dengan menghadirkan Program Phinla Project.

Baca juga: KLHK: Produsen wajib kurangi sampah plastik dari kemasan
 
Program tersebut menjadi salah satu intervensi Wahana Visi Indonesia dalam peningkatan penghidupan melalui pengelolaan sampah oleh masyarakat. Program Phina Project dilatarbelakangi oleh banyaknya timbunan sampah di Jakarta yang belum dikelola secara efektif oleh masyarakat.
 
Dengan demikian Wahana Visi Indonesia menghadirkan Phinla Project yang dapat membantu masyarakat untuk mengelola sampah mereka melalui bank sampah yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
 
Sejauh ini sudah ada sejumlah capaian dari Phinla Project, antara lain lebih dari 20.000 orang telah diedukasi untuk mengelola sampah dengan baik. Lalu adanya peningkatan jumlah sampah yang dikelola melalui bank sampah yakni dari 71 ton pada tahun 2021 menjadi 88 ton pada tahun 2022.

Baca juga: Upaya pemanfaatan untuk capai target pengurangan sampah Tanah Air
 
Sejalan dengan hal tersebut nilai penjualan yang dihasilkan dari pengelolaan sampah melalui bank sampah itu pun meningkat dari sekitar Rp146 juta pada tahun 2021 menjadi Rp172 juta pada 2022.
 
"Ini semua tentunya menjadi komitmen dari Wahana Visi Indonesia dan kami yakin ini juga komitmen dari para mitra kerja sudah bersama kami," kata Yacobus.
 
 Wahana Visi Indonesia merupakan organisasi kemanusiaan Kristen yang hadir dan bekerja bersama dengan mitra untuk mengusahakan transformasi kehidupan anak, keluarga, dan masyarakat yang paling rentan, tanpa memandang suku, ras, agama, gender, dan golongan.

Baca juga: DLH sebut bank sampah efektif kurangi tumpukan sampah di TPA
 
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024