Lewat Tangerang Cakap Kerja, Pemkot Tangerang ingin menghadirkan pelatihan berbasis kewirausahaan, pelatihan berbasis kompetensi (BLK), Job Fair dan Kartu Kuning dalam satu fitur,
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan meluncurkan program aplikasi "Tangerang Cakap Kerja" yang menyediakan informasi tentang peningkatan kompetensi, wawasan dan kapabilitas yang dibutuhkan pemberi kerja

"Dalam aplikasi ini menjelaskan cara membuat lamaran pekerjaan, wawancara, hingga pelatihan kerja untuk meningkatkan SDM sesuai yang diharapkan oleh pemberi kerja saat ini," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dalam acara peluncuran Aplikasi Tangerang Cakap Kerja dan Virtual Job Fair edisi HUT Kota Tangerang di Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (23/2).

Ia mengatakan,  ijazah tidak serta merta menjadi satu penentu yang dibutuhkan oleh pemberi kerja. Maka itu aplikasi "Tangerang Cakap Kerja" memberikan informasi cara berwirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia berharap, keberadaan aplikasi tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas masyarakat untuk menjadi SDM yang berkualitas, begitu pula dengan adanya Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus (FK BKK) SMK se-Kota Tangerang bisa menjadi fasilitator untuk membangun kerja sama dengan dunia usaha atau industri.

"Kolaborasi ini diharapkan menjadi sinergi untuk menjawab tantangan pengentasan pengangguran, mendatangkan investasi dan menjadikan Kota Tangerang menjadi kota yang berdaya saing," katanya.

Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Rakhmansyah mengatakan Aplikasi "Tangerang Cakap Kerja" dapat diakses melalui Aplikasi Tangerang Live. Platform digital yang terintegrasi dalam aplikasi Tangerang LIVE, menawarkan solusi pengembangan keahlian, kompetensi dan kapabilitas para pencari kerja.

"Lewat Tangerang Cakap Kerja, Pemkot Tangerang ingin menghadirkan pelatihan berbasis kewirausahaan, pelatihan berbasis kompetensi (BLK), Job Fair dan Kartu Kuning dalam satu fitur," katanya.


Baca juga: Bonus demografi dan revolusi industri jadi tantangan pekerja Indonesia

Baca juga: Industri Kota Tangerang dinilai tumbuh, terima banyak pekerja

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022